Kalo Kamu Ingin Jadi Wartawan Musik, Ini 7 Langkah yang Kudu Kamu Jalanin

Trending

Fun / Trending

Kalo Kamu Ingin Jadi Wartawan Musik, Ini 7 Langkah yang Kudu Kamu Jalanin

Kalo Kamu Ingin Jadi Wartawan Musik, Ini 7 Langkah yang Kudu Kamu Jalanin

KEPONEWS.COM - Kalo Kamu Ingin Jadi Wartawan Musik, Ini 7 Langkah yang Kudu Kamu Jalanin Sekarang ini Indonesia tengah merayakan hari pers Nasional.Ngomongin wacana profesi wartawan atau jurnalis dan musik, kita tau bahwa ada profesi namanya wartawan atau jurnalis musik.Mereka merupakan j...

Sekarang ini Indonesia tengah merayakan hari pers Nasional.

Ngomongin wacana profesi wartawan atau jurnalis dan musik, kita tau bahwa ada profesi namanya wartawan atau jurnalis musik.

Mereka merupakan jurnalis yang berkutat dalam memberitakan apapun soal industri musik, dari mulai pemberitaan wacana launching dan rilis album, profil musisi atau band baru, dan seluk beluk dalam industri musik itu sendiri.

Menjadi wartawan musik punya banyak keuntungan, sama halnya dengan menjadi jurnalis dalam bidang politik dan hiburan.

Menjadi wartawan musik gampang-gampang susah. Gak cuma sekadar suka musik aja, tapi ada banyak hal yang kudu kamu ngerti untuk menjadi wartawan atau jurnalis musik.

kita ngasih 7 langkah yang setidaknya harus kamu ikutin.

1. Cinta musik

Kalo mau jadi wartawan musik tapi gak cinta musik apa jadinya? Gak sekadar suka, tapi cinta. Cinta itu lebih dari suka. Kalo kamu dari latar belakang anak band, itu malah nilai plus palingan kamu tau tehnik-tehnik dalam istilah musik.

2. Gak beda-bedain genre musik

Gak ada istilahnya wartawan metal, wartawan reggae, ya namanya wartawan atau jurnalis ya harus suka dengan banyak jenis musik. Dengan itu jurnalis musik bisa masuk ke banyak band.

3. Khatam 5 W 1 H

Ya, namanya juga jurnalis, yang satu ini sih jadi dasar, apapun bidang wartawan yang kamu pilih.

4. Obyektif

Wartawan kalo bisa jangan subyektif. Coba menulis dengan sudut pandang yang obyektif, sama kaya wartawan atau jurnalis umumnya. Jadi misal ada konflik antara artis, jangan hanya melihat dari satu sudut pandang aja.

5. Cerewet yang berisi

Kalo gak cerewet, jurnalis musik bisa dapat kesempatan buat wawancara musisi dengan maksimal. Untuk menjadi cerewet yang berisi artinya sebelum wawancara kita kudu tau banyak wacana musisi yang ingin diwawancarai.

6. Rajin

Pepatah mengatakan 'rajin pangkal pandai'. Seorang jurnalis kudu rajin bikin goresan pena dan gosip, dari situ ia bisa belajar bagaimana tulisannya itu bisa berkualitas.

7. Bisa foto

Gak musti jago kok, cuma ada momen-momen dimana ada gestur tertentu yang gak bisa ditangkap oleh kalimat, mirip konser dll, nah penting buat wartawan atau jurnalis untuk mengabadikannya dalam format foto.

Selamat berkarier jadi jurnalis musik!

Oh ya, sekadar referensi, tonton film ini deh,

Comments