Kalah di Benteng Terakhir, Ini Sejarah Singkat ISIS

Internasional

News / Internasional

Kalah di Benteng Terakhir, Ini Sejarah Singkat ISIS

Kalah di Benteng Terakhir, Ini Sejarah Singkat ISIS

KEPONEWS.COM - Kalah di Benteng Terakhir, Ini Sejarah Singkat ISIS Pada Sabtu (23/3/2019), Pasukan Demokratik Suriah (SDF) melalui juru bicaranya Mustafa Bali mengumumkan sebuah deklarasi historis. Deklarasi itu ialah kemenangan SDF, aliansi paramiliter Kurdi dan Ara...

Pada Sabtu (23/3/2019), Pasukan Demokratik Suriah (SDF) melalui juru bicaranya Mustafa Bali mengumumkan sebuah deklarasi historis.

Deklarasi itu ialah kemenangan SDF, aliansi paramiliter Kurdi dan Arab, melawan Negara Islam Irak dan Suriah ( ISIS) di desa Baghouz.

"Kami mendeklarasikan kemenangan total dan 100 persen kekalahan teritorial ISIS. Di hari yang unik ini, kami memperingati ribuan martir yang membuat kemenangan ini jadi nyata," ucap Bali.

Kemenangan itu menjadikan akhir dari kelompok yang dideklarasikan oleh Abu Bakar al-Baghdadi di Mosul, Irak, pada 2014 silam.

Diperoleh dari banyak sekali sumber, berikut merupakan sejarah singkat organisasi ekstremis tersebut.

1. Berawal dari Bagian Al Qaeda

Pada awalnya, ISIS merupakan kelompok cabang dari Al Qaeda yang pada 2016 bernama Negara Islam Irak (ISI), dan dipimpin figur kunci Al Qaeda.

Kelompok itu terlibat dalam konflik sektarian yang dimulai ketika Amerika Serikat ( AS) melakukan invasi ke tiga tahun sebelumnya (2003).

ISIS melancarkan serangan mematikan di ibu kota Irak, Baghdad, dengan menargetkan pemimpin suku yang bersekutu dengan AS maupun pos militer Negeri "Paman Sam".

Sempat dipukul mundur, ISIS kemudian menetapkan basis mereka di Irak yang menjadi kota kedua di Irak, dan menjadikannya kota penghubung guna menyokong serangan. Pada 2010, Abu Bakar al-Baghdadi dinobatkan sebagai Ketua ISIS.

Kalah di Benteng Terakhir, Ini Sejarah Singkat ISIS

Comments