Kain Tenun Suvenir Favorit Traveler, Jangan Lupa Beli jika Pelesiran ke Manggarai Barat

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Kain Tenun Suvenir Favorit Traveler, Jangan Lupa Beli jika Pelesiran ke Manggarai Barat

Kain Tenun Suvenir Favorit Traveler, Jangan Lupa Beli jika Pelesiran ke Manggarai Barat

KEPONEWS.COM - Kain Tenun Suvenir Favorit Traveler, Jangan Lupa Beli jika Pelesiran ke Manggarai Barat DINAS Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyebut tenun/songke Manggarai banyak dipilih oleh wisatawan Nusantara (wisnus) yang berkunjung...

DINAS Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyebut tenun/songke Manggarai banyak dipilih oleh wisatawan Nusantara (wisnus) yang berkunjung, sebagai oleh-oleh atau cenderamata.

"Dari hasil survei yang dilakukan dinas pada tahun 2022, responden wisnus banyak menyukai kerajinan tenun atau songke sebagai cenderamata dari Manggarai Barat," kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut melansir ANTARA.

Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat telah melakukan Survei Kepuasan Pengunjung Manggarai Barat 2022.

Hasil survei menunjukkan 73 persen responden wisnus membeli cenderamata di Manggarai Barat dan 27 persen responden tidak.

Infografis Tradisi Sumba Barat

Bagi responden wisnus, tenun/songke Manggarai menjadi yang terbanyak dipilih adalah 27 persen, lalu diikuti pakaian sebanyak 26 persen dan produk pertanian sebanyak 14 persen.

"Dari Rp10 juta yang dibelanjakan wisatawan di Labuan Bajo, sebanyak Rp1,5 juta untuk beli suvenir. Ini berdampak baik pada pelaku usaha di bidang UMKM ini," kata Pius.

Menurutnya, kecenderungan memilih cenderamata ini sangat berdampak pada jumlah pengeluaran uang wisatawan di Labuan Bajo.

Ia melihat suvenir yang ada itu bersumber dari masyarakat, sehingga uang yang beredar tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga.

Follow Isu Okezone di Google News

image

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Comments