Kain Bersurek Punya Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Lho!

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Kain Bersurek Punya Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Lho!

Kain Bersurek Punya Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Lho!

KEPONEWS.COM - Kain Bersurek Punya Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Lho! KEKAYAAN Indonesia tak hanya terletak di keindahan alam saja, tetapi juga warisan budaya yang menjadikan Tanah Air memiliki identitas berbeda di mata dunia. Salah satunya dengan kain istiadat tradisio...

KEKAYAAN Indonesia tak hanya terletak di keindahan alam saja, tetapi juga warisan budaya yang menjadikan Tanah Air memiliki identitas berbeda di mata dunia. Salah satunya dengan kain istiadat tradisional yang beragam.

Mungkin, selama ini hanya Batik yang baru memperoleh sertifikasi dari UNESCO sebagai warisan budaya. Namun, masih ada jenis kain lainnya yang patut untuk dikenalkan lagi ke khalayak luas seperti Kain Besurek.

Karena, kain Besurek semakin lama semakin jarang terdengar bahkan generasi muda pun jarang mengetahui keberadannya. Padahal, kain tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi mengenai peradaban agama Islam masuk ke Indonesia.

" Kain Besurek sudah lama ada semenjak zaman perdagangan, kain ini dibuat oleh orang Arab dengan membentuk motif kaligragrafi," tukas Tuty Cholid sebagai Fashion Designer.

Awalnya, kain tersebut memang dikenalkan pedagang Arab yang kemudian tersebar luas di Bengkulu. Besuret sendiri merupakan perpaduan dua bahasa yakni Melayu, dan Bengkulu yang berarti bersurat atau goresan pena.

Ketika dikenalkan di masa itu, kain bersurek masih memiliki motif kaligrafi yang bisa dibaca. Namun, sekarang pengrajin sudah mengembangkan menjadi hiasan semata dengan lambang huruf-huruf kaligrafi.

" Kain ini enggak hanya dari Bengkulu, masuknya dari pesisir seperti Jawa juga, seiring masuk agama Islam ke Indonesia juga," tukasnya.

Untuk mengenalkan kain Besurek lebih dekat lagi dengan masyarakat nantinya kain akan dijadikan ajang kompetisi di Pameran Adiwastra Nusantara 2017 yang mengangkat tema " Warisan Budaya Tak Lekang Zaman" yang diselenggarakan dari tanggal 5-9 April 2019 di Jakarta Convention Centre.

Kain Bersurek Punya Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Lho!

Comments