KAI Sediakan Ruang Tunggu Modern di Stasiun Gambir

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

KAI Sediakan Ruang Tunggu Modern di Stasiun Gambir

KAI Sediakan Ruang Tunggu Modern di Stasiun Gambir

KEPONEWS.COM - KAI Sediakan Ruang Tunggu Modern di Stasiun Gambir JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan ruang tunggu kekinian bagi para penumpang, adalah berupa co-working space di area stasiun. Saat ini ada 9 stasiun yang mempunyai co-working space, d...
Loading...

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan ruang tunggu kekinian bagi para penumpang, adalah berupa co-working space di area stasiun. Saat ini ada 9 stasiun yang mempunyai co-working space, diantaranya pada wilayah Jakarta ada di Stasiun Gambir, Juanda, BNI City, sisanya ada di Stasiun Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Jember.

Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah menyatakan, penyediaan ruang kekinian tersebut sebagai upaya peningkatakan layanan bagi penumpang, terlebih pada masa angkutan Lebaran 2019.

"Co-working space jadi ruangan yang memang disiapkan bagi penumpang atau calon penumpang untuk melakukan aktivitas pekerjaan di area stasiun," jelas dia dalam konferensi pers di Hotel Luminor, Jakarta, Senin (20/5/2019).

Dia mencontohkah seperti co-working space yang ada di Stasiun Gambir, dilengkapi dengan fasilitas tempat duduk dan meja untuk 20 orang, akses internet, ruangan ber-AC, charger, dan air mineral. Fasilitas ini pun bisa dinikmati dengan gratis oleh penumpang.

"Untuk bisa menggunakannya penumpangnya hanya perlu menunjukkan software KAI Akses saja. Dan fasilitas ini akan terus dikembangkan, rencanannya akan ada juga di Stasiun Senen," katanya.

Selain itu, KAI Daop 1 juga meningkatkan pelayanan dengan pembangunan hall di zona 3 di Stasiun Pasar Senen. Sebelumnya, fasilitas di zona 3 terletak di area non steril dengan luas 950 m2, kini setelah dikembangkan menjadi 1.700 m2 luasnya.

Sedangkan, untuk kapasitas tempat duduk ruang tunggu zona 3 yang semula hanya berkapasitas 80 tempat duduk, kini menjadi 700 tempat duduk. "Penambahan kursi tunggu untuk penumpang di area setelah boarding gate juga dilakukan dari sebanyak 23 kursi, kini mencapai 92 kursi," jelasnya.

Sementara guna mengakomodir naik turun penumpang pada KA yang mempunyai rangkaian panjang, KAI Daop 1 Jakarta juga telah menyelesaikan pekerjaan perpanjangan peron 3 dan 4 sebelum masa arus mudik berlangsung.

Tak hanya memperbaiki fasilitas di dua stasiun tersebut, fasilitas umum lainnya juga terus ditingkatkan, seperti peremajaan musala dan toilet.

Selain penambahan fasilitas juga dilakukan melalui optimalisasi database sistem ticketing, serta penambahan application server dan bandwidth internet sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini perlu dilakukan terutama saat menghadapi peningkatan jumlah pengunjung channel penjualan tiket, tutup Dadan.

(rhs)

Loading...

Comments