Kafe di Jepang Ini Rekrut Orang Lumpuh sebagai Pelayannya

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Kafe di Jepang Ini Rekrut Orang Lumpuh sebagai Pelayannya

Kafe di Jepang Ini Rekrut Orang Lumpuh sebagai Pelayannya

KEPONEWS.COM - Kafe di Jepang Ini Rekrut Orang Lumpuh sebagai Pelayannya TIDAK semua manusia terlahir dengan tepat. Banyak di antara mereka yang kurang beruntung, terlahir dengan keterbatasan fisik maupun mental. Namun, kekurangan yang mereka miliki bukanlah menjadi sebuah...


TIDAK semua manusia terlahir dengan tepat. Banyak di antara mereka yang kurang beruntung, terlahir dengan keterbatasan fisik maupun mental. Namun, kekurangan yang mereka miliki bukanlah menjadi sebuah alasan bagi seseorang untuk berkreasi.

Baru-baru ini sebuah kafe dibuka di Tokyo. Kafe ini memberikan jasa para pelayan berbentuk robot yang akan melayani kebutuhan setiap tamu. Uniknya, robot pelayan ini dikendalikan secara penuh oleh para orang lumpuh.

Kafe ini baru saja diresmikan pada 26 November 2018, dan mempunyai nama Dawn ver . Sebagaimana dilansir dari Nest Shark, Selasa (4/12/2018), sepuluh orang dengan kondisi penyakit seperti Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) dan cedera tulang belakang lainnya dipekerjakan di Dawn ver .

(Viral, Ning-Ning si Orangutan Meremas Payudara Penjaga Kebun Binatang)


Tentu saja banyak masyarakat yang resah, bagaimana robot tersebut bisa bekerja dengan dikontrol oleh para orang dengan keterbatasan fisik? Ya, para operator yang menggerakkan robot ini bekerja dari rumah. Mereka mengoperasikan OriHime-D, adalah sebuah robot setinggi 120 sentimeter yang mempunyai empat buah kaki.

Robot ini bisa berkomunikasi, bergerak ke mana saja dan menangani setiap objek dengan baik. Kabarnya pencipta OriHime D ialah Ory, sebuah startup yang memang mengembangkan para robot untuk orang-orang cacat.

(Tetap Jaga Penampilan, Begini 5 Gaya Modis Maya Septha di Kehamilan Ketiga)

Tentunya robot ini sudah dibekali dengan teknologi canggih, di mana dalam sebuah video menunjukkan seorang pria yang lumpuh terlihat mengetik sebuah perintah melalui matanya. Tentunya dengan adanya robot canggih ini, para pasien ALS atau dengan gangguan saraf lainnya tetap bisa produktif meskipun mengalami keterbatasan fisik.

Alat ini juga memungkinkan para penderita lumpuh untuk melakukan aktivitas lainnya seperti merawat anak, atau kegiatan lain yang mencegah mereka meninggalkan rumah atau lokasi tertentu.

Sekadar berita Dawn mempunyai singkatan (Diverse Avatar Working Network), kafe ini terinspirasi dari sebuah anime 2008 berjudul Time of Eve yang menggambarkan sebuah kedai kopi dimana manusia dan robot berinteraksi dengan baik. Kafe unik ini terletak di Distrik Akasaka Ibu Kota Jepang.

(tam)

Comments