Kaavan, Gajah Paling Kesepian di Dunia Bertemu Teman Baru di Tempat Barunya di Kamboja, Setelah 8 Tahun Hidup dalam Kesepian

Unik

Ragam / Unik

Kaavan, Gajah Paling Kesepian di Dunia Bertemu Teman Baru di Tempat Barunya di Kamboja, Setelah 8 Tahun Hidup dalam Kesepian

Kaavan, Gajah Paling Kesepian di Dunia Bertemu Teman Baru di Tempat Barunya di Kamboja, Setelah 8 Tahun Hidup dalam Kesepian

KEPONEWS.COM - Kaavan, Gajah Paling Kesepian di Dunia Bertemu Teman Baru di Tempat Barunya di Kamboja, Setelah 8 Tahun Hidup dalam Kesepian Ini merupakan momen ketika gajah paling kesepian di dunia melakukan kontak pertama dengan anggota spesiesnya sendiri dalam delapan tahun setelah diselamatkan dari kebun binatang yang bobrok. Kaavan, s...

Ini merupakan momen ketika gajah paling kesepian di dunia melakukan kontak pertama dengan anggota spesiesnya sendiri dalam delapan tahun setelah diselamatkan dari kebun binatang yang bobrok.

Kaavan, seekor gajah Sri Lanka yang menghabiskan tiga dekade di penangkaran di Islamabad, mendapatkan sahabat barunya setelah diterbangkan ke tempat perlindungan di Kamboja bulan lalu.

Video yang menyentuh menunjukkan saat kedua gajah itu bertatap muka, belalainya saling bertautan melalui jeruji sangkar untuk memberi salam.

Lebih banyak video menunjukkan Kaavan menikmati sangkar barunya yang luas, termasuk bermain di ayunan ban dan bergulung-gulung di lumpur yang dilakukan gajah untuk melindungi kulit mereka dari panas dan gigitan serangga.

Kaavan lahir di Sri Lanka tetapi diberikan sebagai hadiah oleh negara tersebut kepada Pakistan pada tahun 1985 untuk mempererat hubungan antara kedua negara.

Kesepian, Kaavan mendapat pasangan gajah bernama Saheli yang dibawa dari Bangladesh pada tahun 1990.

Dia menjadi temannya hingga 2012, ketika Saheli mati, meninggalkan Kaavan hidup dalam kesendirian.

Pada tahun 2016, para juru kampanye mulai menyerukan pembebasan Kaavan setelah diketahui bahwa dia menghabiskan sebagian besar waktunya di rantai karena kondisi buruk di kebun binatang.

Seorang hakim memutuskan pada bulan Mei bahwa Kaavan harus dipindahkan dari Islamabad ke fasilitas yang mempunyai kemampuan lebih baik untuk merawatnya.

Pada bulan Oktober diumumkan bahwa Kaavan akan dibawa ke Kamboja, dan pada bulan November para kru memulai proses yang sulit untuk membawanya ke sana.

Pesta perpisahan diadakan untuk gajah di Islamabad, termasuk penampilan musisi Cher yang memimpin kampanye untuk membebaskannya.

Kaavan tiba di Kamboja pada hari Senin (30/11) dengan banyak kemeriahan, dan di mana Cher menunggunya lagi.

Pada hari Selasa (1/12) Kaavan ditempatkan di kandangnya di Kulen Prom Tep Wildlife Sanctuary, di mana dia terlihat bersentuhan dengan gajah lain dengan belalainya, yang berhasil diabadikan oleh kelompok hak asasi Four Paws.

Kontak pertama dengan gajah dalam delapan tahun ini momen besar bagi Kaavan, kata Martin Bauer, juru bicara kelompok yang berbasis di Austria yang bekerja selama berbulan-bulan untuk membuatnya siap terbang.

Kaavan akhirnya akan mempunyai kesempatan untuk menjalani kehidupan yang sesuai dengan spesies dan tenang, kata Bauer, seraya menambahkan bahwa seluruh tim sangat tersentuh untuk menyaksikan interaksi tersebut.

Dia mempunyai masa depan yang sangat cerah di depannya, tambahnya.

Begitu Kaavan telah menyesuaikan diri dengan lingkungannya, dia akan dilepaskan ke tempat perlindungan yang lebih luas, di mana ada tiga gajah betina, kata seorang pejabat kementerian lingkungan pada hari Senin.

Rencananya ialah membiakkan Kaavan dengan gajah lokal untuk melestarikan genetiknya .

Mengangkut gajah dewasa dengan pesawat bukanlah tugas yang mudah, dan hanya dilakukan beberapa kali.

Para kru menerbangkan Kaavan dengan 200 kilogram makanan untuk dimakan selama penerbangan tujuh jam dengan pesawat kargo Rusia berukuran jumbo.

Sistem tabung dipasang di peti pengangkutnya untuk menampung hingga 200 liter urin.

Aktivis menuduh kebun binatang di Islamabad mengikat Kaavan, dan tidak melindungi dia dengan baik selama musim panas yang membakar di sana.

Kondisinya sangat buruk sehingga pada bulan Mei, hakim memutuskan bahwa semua hewan di kebun binatang harus dipindahkan.(yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Comments