K-Pop Terus Mendominasi Dunia, Data Spotify Membuktikannya

Music - Movies - TV

Updates / Music - Movies - TV

K-Pop Terus Mendominasi Dunia, Data Spotify Membuktikannya

K-Pop Terus Mendominasi Dunia, Data Spotify Membuktikannya

KEPONEWS.COM - K-Pop Terus Mendominasi Dunia, Data Spotify Membuktikannya Di 2019, BTS menjadi artis Asia pertama yang lagunya diputar lebih dari 5 miliar kali di Spotify. Per Februari 2020, lagu-lagu BTS telah diputar lebih dari 8 miliar kali. Bahkan, sepanjang 2019 saja,...

Di 2019, BTS menjadi artis Asia pertama yang lagunya diputar lebih dari 5 miliar kali di Spotify. Per Februari 2020, lagu-lagu BTS telah diputar lebih dari 8 miliar kali. Bahkan, sepanjang 2019 saja, lagu-lagu mereka telah diputar lebih dari 3 miliar kali. Pada September 2017, BTS menjadi artis K-Pop pertama yang berhasil masuk Global 50 Chart Spotify melalui lagu DNA. Lagu BTS Boy With Luv featuring Halsey, menjadi lagu K-pop yang paling sering diputar di Spotify, yaitu lebih dari 380 juta kali. Prestasi ini dicapai kurang dari setahun, mengingat lagu ini baru saja dirilis pada April 2019.

Tak dapat dipungkiri bahwa ketenaran K-Pop benar-benar membuat ledakan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir, dan kami telah menyaksikannya sendiri di Spotify, kata Kossy Ng, Head of Artist and Label Marketing di Asia.

Pada 2015, Spotify meluncurkan sebuah genre hub yang didedikasikan untuk K-Pop. Hub K-Pop memuat banyak playlist yang mengakomodir banyak sekali aspek dari genre yang menarik ini, termasuk kumpulan lagu dari artis yang sedang naik daun, kolaborasi antar artis, hingga original soundtrack atau OST dari film dan drama TV Korea yang terkenal. Para penggemar juga dapat mendengarkan MAP OF THE SOUL: 7 The Enhanced Album, yang hanya tersedia secara langsung di Spotify dan menampilkan konten spesial dari BTS.

Data Menarik Perihal K-Pop di Spotify

Hingga hari ini, lagu K-Pop telah diputar lebih dari 41 miliar kali di Spotify. Sebanyak 53% pendengar K-Pop berusia 18 - 24 tahun dan 73% pendengar K-Pop merupakan perempuan. Pengguna Spotify di seluruh dunia telah menambahkan lagu K-Pop ke lebih dari 96 juta playlist.

Amerika Serikat, Indonesia, Filipina, Jepang, Brasil, dan Meksiko secara berurutan berada di peringkat teratas 10 negara yang paling banyak memutar lagu K-Pop saat ini (dalam 90 hari terakhir). (Lihat daftar lengkap di bawah)

Lagu K-Pop diputar di 79 negara di mana Spotify beroperasi, dengan pertumbuhan jumlah streaming yang besar di negara-negara berikut (persentase menunjukkan peningkatan jumlah streaming selama periode Januari 2019 hingga Januari 2020):
Mesir - 33%
Vietnam - 30%
Prancis - 13%
Kolombia - 8%

Artis K-Pop yang lagunya paling banyak diputar di Spotify ialah: BTS, BLACKPINK, EXO, TWICE, dan Red Velvet (lihat daftar sepuluh besar di bawah). Lagu BTS telah diputar lebih dari 8 miliar kali di Spotify.

10 negara yang paling banyak memutar lagu K-Pop saat ini (dalam 90 hari terakhir)

Amerika Serikat Indonesia Filipina Jepang Brasil Meksiko Thailand Malaysia Kanada Singapura

Artis K-Pop yang lagunya paling banyak diputar di Spotify di seluruh dunia (dari Januari 2014 - Januari 2020):

BTS BLACKPINK EXO TWICE Red Velvet BIGBANG SEVENTEEN Monsta X iKON NCT 127

Sepuluh lagu K-Pop terpopuler di Spotify (dari Januari 2014 - Januari 2020):

Boy With Luv - BTS, Halsey Kiss and Make Up - BLACKPINK, Dua Lipa FAKE LOVE - BTS Kill This Love - BLACKPINK DNA - BTS DDU-DU DDU-DU - BLACKPINK Blood Sweat & Tears - BTS Gangnam Style - PSY SOLO - JENNIE As If It's Your Last - BLACKPINK

Artis K-Pop yang lagunya paling banyak diputar di Spotify di Indonesia (dari Januari 2014 - Januari 2020):

BTS BLACKPINK EXO TWICE Red Velvet iKON SEVENTEEN DAY6 BIGBANG IU

Sepuluh lagu K-Pop teratas di Spotify di Indonesia (dari Januari 2014 - Januari 2020):

Boy With Luv - BTS, Halsey SOLO - JENNIE Way Back Home (feat. Conor Maynard) - Sam Feldt Edit - Conor Maynard, SHAUN, Sam Feldt DDU-DU DDU-DU - BLACKPINK Kill This Love - BLACKPINK Kiss and Make Up - BLACKPINK, Dua Lipa As If It's Your Last - BLACKPINK LOVE SCENARIO - iKON FAKE LOVE - BTS Forever Young - BLACKPINK

Penulis Redaksi

Editor Suyanto Soemohardjo

Comments