Jurus BI Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Dorong Bank Biayai Infrastruktur

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Jurus BI Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Dorong Bank Biayai Infrastruktur

Jurus BI Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Dorong Bank Biayai Infrastruktur

KEPONEWS.COM - Jurus BI Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Dorong Bank Biayai Infrastruktur JAKARTA - Bank Indonesia (BI) perlu mendorong banyak sekali upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Apalagi, di tengah tekanan global saat ini. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Dama...

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) perlu mendorong banyak sekali upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Apalagi, di tengah tekanan global saat ini.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti mengatakan, salah satu langkah keluar dari jebakan masyarakat berpenghasilan menengah (middle income trap) ialah tersedianya infrastruktur yang saling terhubung antar daerah ekonomi khusus, daerah industri serta pariwisata, dan ketersediaan infrastruktur layanan dasar seperti penyediaan air bersih dan sanitasi.

Bahas Ekonomi RI, Presiden Jokowi: Masa Kita Masih Impor Petrokimia?

"Langkah mengakselerasi pembangunan infrastruktur tersebut perlu didukung semua pihak," ujarnya mengutip keterangan tertulis BI, Jakarta, Senin (12/2/2019).

BI

Dalam kesempatan yang sama, Destry memberikan bahwa terdapat beberapa hal yang menjadi kunci percepatan pembangunan ke depan. Ada beberapa kunci yang dapat membantu kinerja tersebut.

4 Fakta Ekonomi Indonesia bak Film 'Cast Away' Versi Presiden Jokowi

Pertama, lanjutnya, peningkatan peran private investor dan innovative financing. Kedua, peningkatan kualitas persiapan proyek infrastruktur (feasibility study).

"Ketiga, kolaborasi dan sinergi kebijakan pemerintah pusat, daerah dan otoritas terkait lainnya untuk mengharmonisasikan proyek infrastruktur dengan daerah ekonomi khusus, daerah industri dan pariwisata," ujarnya.

Selanjutnya

Comments