Jumlah Penumpang Pesawat di Lebaran 2019 Diprediksi Turun

Nasional

News / Nasional

Jumlah Penumpang Pesawat di Lebaran 2019 Diprediksi Turun

Jumlah Penumpang Pesawat di Lebaran 2019 Diprediksi Turun

KEPONEWS.COM - Jumlah Penumpang Pesawat di Lebaran 2019 Diprediksi Turun Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaDirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti saat meninjau Bandara Silampari, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Kamis (7/3/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PR...
Jumlah Penumpang Pesawat di Lebaran 2019 Diprediksi Turun
Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti saat meninjau Bandara Silampari, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Kamis (7/3/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan memprediksi pertumbuhan jumlah penumpang pesawat pada Lebaran 2019 ini akan menurun ketimbang tahun lalu. Penurunan pertumbuhan pengguna pesawat diperkirakan sebesar 2,11 persen.

Hal tersebut dikemukakan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti saat rapat koordinasi terkait penyelenggaraan angkutan Lebaran di Kemenhub, Selasa (21/5/2019).

Perkiraan memang tahun ini akan ada penurunan pertumbuhan jumlah penumpang, di mana sebelumnya tahun 2018 growth-nya penerbangan domestik 4,49 persen, lebaran tahun ini diprediksi 2,38 persen," ujar Polana.

Selain jumlah penumpang rute domestik, Polana juga memprediksi minat masyarakat untuk berpergian ke luar negeri juga akan menurun di Lebaran tahun ini.

Penerbangan luar negeri tahun lalu 11 persen, tahun ini turun jadi 7,8 persen, kata Polana.

Menurut Polana, penurunan pertumbuhan penumpang rute domestik ini disebabkan karena infrastruktur jalur darat yang semakin baik. Terutama dengan adanya Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Ya infrastruktur lebih bagus, sekarang penumpangnya banyak pilihan (moda transportasi), ucap dia.

Penulis: Akhdi Martin Pratama

Editor: Bambang Priyo Jatmiko

Copyright Kompas.com

Comments