Jumlah Imunisasi Anak Menurun Selama Pandemi Covid-19

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Jumlah Imunisasi Anak Menurun Selama Pandemi Covid-19

Jumlah Imunisasi Anak Menurun Selama Pandemi Covid-19

KEPONEWS.COM - Jumlah Imunisasi Anak Menurun Selama Pandemi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan hasil surveinya bersama UNICEF dan pemerhati imunisasi anak. Mereka mendapatikan fakta bahwa mayoritas pelayanan kesehatan termasuk imunisasi menurun kar...

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan hasil surveinya bersama UNICEF dan pemerhati imunisasi anak. Mereka mendapatikan fakta bahwa mayoritas pelayanan kesehatan termasuk imunisasi menurun karena adanya wabah virus corona Covid-19.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut tantangan program imunisasi dalam masa pandemi Covid-19 berpotensi menimbulkan wabah ganda atau double outbreak. Artinya semakin merebaknya Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Dokter Reisa

Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro menekankan pentingnya imunisasi kepada anak. Pemberian imunisasi itu penting diberikan meski di tengah pandemi dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Perlu dilakukan langkah-langkah penting untuk memastikan setiap sasaran imunisasi. Yaitu anak yang merupakan kelompok rentan penderita PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi) diimunisasi agar terlindungi dari penyakit-penyakit berbahaya tersebut, tutur dr. Reisa dalam siaran di Graha BNPB, Selasa (30/6/2020).

Selain itu dr. Reisa pun memaparkan prinsip-perinsip yang menjadi acuan dalam melaksanakan program imunisasi pada masa pandemi Covid-19 di antaranya:

1. Imunisasi dasar dan lanjutan tetap diupayakan lengkap dan dilaksanakan sesuai jadwal untuk melindungi anak dari PD3I.

2. Secara operasional pelayanan imunisasi baik di posyandu, puskesmas, puskesmas keliling maupun fasilitas kesehatan lainnya yang memberikan layanan imunisasi mengikuti kebijakan pemerintah daerah setempat.

Cek Fakta, Sabun yang Diencerkan Air Tak Efektif Bunuh Covid-19?

3. Kegiatan surveilans PD3I harus dioptimalkan termasuk laporannya.

4. Menerapkan perinsip pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) dan menjaga jarak aman 1 sampai 2 meter.

(DRM)

Comments