Jokowi Tagih Hasil Dana Desa Kepada Para Kepala Desa

Nasional

News / Nasional

Jokowi Tagih Hasil Dana Desa Kepada Para Kepala Desa

Jokowi Tagih Hasil Dana Desa Kepada Para Kepala Desa

KEPONEWS.COM - Jokowi Tagih Hasil Dana Desa Kepada Para Kepala Desa JAKARTA - Presiden Joko Widodo menagih hasil dana desa yang telah digelontorkan pemerintah pusat kepada para kepala desa. Hal itu dilakukan Jokowi saat menghadiri Rakornas penyelenggaraan pemerintahan...
Loading...

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menagih hasil dana desa yang telah digelontorkan pemerintah pusat kepada para kepala desa.

Hal itu dilakukan Jokowi saat menghadiri Rakornas penyelenggaraan pemerintahan desa di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (20/2/2019).

Rakornas itu diikuti sekitar 3.500 kepala desa dari seluruh Indonesia.

Jokowi yang memakai setelan jas hitam memanggil empat kepala desa ke atas panggung untuk berdialog.

Ibu dari desa mana, dan apa saja yang sudah dihasilkan dari dana desa tahun 2016? tanya Jokowi memulai dialog.

Saya dari desa Bandung Jaya di Bengkulu, melalui dana desa 2016 kami sudah membangun gedung PAUD, memperkeras jalan desa dengan beton dan aspal hingga memberi bantuan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebesar Rp 100 juta untuk usaha kopi dan bahan bangunan, ujar seorang kepala desa bernama Supriyanti.

Lalu seorang kepala desa dari Kabupaten Bener Meriah, Aceh menceritakan telah membuat saluran hingga penampungan air bersih dari pegunungan yang menghabiskan Rp 500 juta.

Ada Ledakan di Lantai 4 Mal Taman Anggrek, PGN Pastikan Jaringan Pipa Gasnya Aman

Tinggal melanjutkan ke rumah-rumah ya? Tenang saja nanti pasti ada perkembangan, desa harus berkembang dari tahun ke tahun, jelas Jokowi.

Kemudian seorang kepala desa bernama Ari Samsung dari Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat menceritakan melalui dana desa pihaknya berencana membangun jaringan pipa untuk menyalurkan air bersih ke rumah-rumah.

Jokowi pun memuji rencana tersebut karena menurutnya daerah NTT mempunyai masalah dalam penyediaan air bersih.

Oleh karena itu kita sudah bangun tujuh bendungan di NTT, tegas Jokowi.

Jokowi pun menitipkan pesan kepada para kepala desa agar dana desa digunakan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat di desa.

Kita lihat problem di empat daerah saja berbeda-beda, apalagi di ribuan desa lainnya, oleh karena itu dana desa kita harap menjadi pemersatu untuk membangun desa masing-masing, pungkas Jokowi.

Untuk tahun 2019 pemerintah pusat telah mengalokasikan dana desa dalam APBN sebesar Rp 73 triliun.

Jokowi Tagih Hasil Dana Desa Kepada Para Kepala Desa

Comments