Jokowi Sebut Singapura Investor Terbesar RI, Terbaru Sebesar Rp 131,5 T di Bidang Energi Terbarukan

Internasional

News / Internasional

Jokowi Sebut Singapura Investor Terbesar RI, Terbaru Sebesar Rp 131,5 T di Bidang Energi Terbarukan

Jokowi Sebut Singapura Investor Terbesar RI, Terbaru Sebesar Rp 131,5 T di Bidang Energi Terbarukan

KEPONEWS.COM - Jokowi Sebut Singapura Investor Terbesar RI, Terbaru Sebesar Rp 131,5 T di Bidang Energi Terbarukan Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong membahas upaya penguatan kerja sama bilateral di b...

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong membahas upaya penguatan kerja sama bilateral di banyak sekali bidang, terutama di bidang ekonomi.

Kedua pemimpin juga saling bertukar pandangan mengenai banyak sekali isu di daerah.

Dalam penguatan kerja sama pemulihan ekonomi, Presiden Jokowi menyebut bahwa Singapura merupakan investor terbesar di Indonesia.

Menurutnya, investasi Singapura di Indonesia pada Januari sampai September 2021 senilai USD7,3 miliar atau 104,390 T (kurs 14.300).

"Pertemuan retreat mencatat adanya investasi baru senilai USD9,2 miliar (NULL,560 T), antara lain di bidang energi baru terbarukan di sekitar Batam serta Pulau Sumba dan Manggarai Barat, NTT, serta pembangunan hub logistik di Pelabuhan Tanjung Priok," ujar Presiden dalam pernyataan pers bersama PM Singapura di Ruang Salon and Library, The Sanchaya Resort Bintan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, pada Selasa, (25/1/2022).

Perjanjian Ekstradisi Akhiri Polemik Area Militer Antara Singapura dan Indonesia

Presiden memaparkan bahwa investasi di bidang energi dan energi terbarukan terus menjadi prioritas pemerintah Indonesia dalam rangka memajukan ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Untuk menyokong iklim investasi hijau, dalam rangkaian pertemuan retreat ini telah ditandatangani Nota Kesepahaman atau MoU Kerja sama Energi serta MoU Kerja Sama Pengembangan Ekonomi Hijau dan Sirkular.

Selain itu, guna terus menjaga stabilitas finansial dan moneter untuk menyokong pemulihan ekonomi, telah ditandatangani pula beberapa kerja sama, antara lain MoU Kerja Sama Keuangan.

Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong melakukan pertemuan Leaders Retreat Indonesia-Singapura di Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (25/1/2022). Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsein Loong memimpin pertemuan bilateral antara delegasi kedua negara, serta menyaksikan penandatanganan dan pertukaran sejumlah Nota Kesepahaman. Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily RachevPresiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong melakukan pertemuan Leaders Retreat Indonesia-Singapura di Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (25/1/2022). Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsein Loong memimpin pertemuan bilateral antara delegasi kedua negara, serta menyaksikan penandatanganan dan pertukaran sejumlah Nota Kesepahaman. Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Pada November 2021, kerja sama Local Currency Bilateral Swap Agreement (LCBSA) dan Bilateral Repo Line (BRL) telah diperpanjang satu tahun.

"Saya juga berharap agar MOU antara Bank Sentral terkait inovasi pembayaran, anti pencucian uang, dan pencegahan pendanaan terorisme dapat segera ditandatangani," imbuhnya.

Sepakati FIR dengan Singapura, Indonesia Ambil Alih Wilayah Udara Kepulauan Riau dan Natuna

Selain itu, guna menyokong mobilitas manusia yang aman, kedua negara saat ini sedang memfinalisasi kerja sama pengakuan vaksin dan penyelarasan inter-operabilitas platform pelacakan dan perlindungan yang dimiliki kedua negara.

Comments