Jokowi Memangkas Angka Kemiskinan

Nasional

News / Nasional

Jokowi Memangkas Angka Kemiskinan

Jokowi Memangkas Angka Kemiskinan

KEPONEWS.COM - Jokowi Memangkas Angka Kemiskinan JAKARTA-Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sosial, segera menyalurkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Keluarga Penerima Modal (KPM) tahun 2019.Berdasarkan data, anggaran PKH d...


JAKARTA-Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sosial, segera menyalurkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Keluarga Penerima Modal (KPM) tahun 2019.Berdasarkan data, anggaran PKH di tahun 2019 mengalami kenaikkan dibandingkan tahun 2018 yang lalu.

Jikalau di tahun 2018 Pemerintah menganggarkan dana sekitar Rp 19,4 triliun, maka untuk tahun 2019 ini naik menjadi Rp 34,4 triliun.

Jokowi Ingatkan Jangan Sampai e-Commerce Dijejali Produk Luar Negeri

Agar penyaluran tepat sasaran, Kementerian Sosial telah menyusun indeks bantuan sosial untuk penerima bantuan tetap KPH. Bantuan tetap untuk PKH regular Rp 550.000,-/keluarga/tahun. Sedangkan bantuan tetap PKH akses Rp 1.000.000,-/keluarga/tahun.

Bantuan komponen untuk beragam kondisi KPM juga telah disusun Kementerian Sosial. Ibu hamil, anak-anak balita, kaum difabel, dan lanjut usia, akan mendapatkan dana masing-masing Rp 2.400.000,-/jiwa/tahun. Sedangkan yang sudah bersekolah, pelajar SD mendapatkan Rp 900.000,-/jiwa/tahun, SMP Rp 1.500.000,-/jiwa/tahun, SMA Rp 2.000.000,-/jiwa/tahun.

KH Maruf Amin: Ente Sudah Berbuat Apa untuk Islam? Pak Jokowi Sudah Banyak

Pemerintah berharap dengan naiknya anggaran PKH tahun 2019, angka kemiskinan di Republik ini dapat ditekan.
Akhir tahun lalu,saat memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa 2019 di Provinsi Banten Jokowi mengungkap angka kemiskinan di desa yang menurun dua kali lipat.

Dibandingkan di kota. Setidaknya 1,2 juta penduduk di desa sudah berhasil dientaskan dari kemiskinan.
Program dana desa yang telah dijalankan oleh pemerintah selama 4 tahun merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada desa.

Hingga saat ini tak kurang dari Rp187 triliun telah digelontorkan pemerintah untuk pembangunan desa di seluruh Tanah Air.

"Saat ini dana desa sudah empat tahun kita jalankan. Total Rp187 triliun. Ditambah lagi tahun depan Rp70 triliun. Apa artinya? Artinya pemerintah memberi perhatian sangat besar kepada desa," kata Presiden ketika itu.

Jokowi Memangkas Angka Kemiskinan

Comments