Jin Air Siap Terbang Langsung ke Lombok dari Korea Selatan

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Jin Air Siap Terbang Langsung ke Lombok dari Korea Selatan

Jin Air Siap Terbang Langsung ke Lombok dari Korea Selatan

KEPONEWS.COM - Jin Air Siap Terbang Langsung ke Lombok dari Korea Selatan Selasa, 11 April 2017 | 14:37 WIBWisatawan melintas di pantai Kuta, Lombok, NTB, 3 Oktober 2014. TEMPO/Wisnu Agung PrasetyoJakarta - Maskapai penerbangan berbiaya murah asal Korea Selatan, Jin Air, si...

Selasa, 11 April 2017 | 14:37 WIB

Jin Air Siap Terbang Langsung ke Lombok dari Korea Selatan

Wisatawan melintas di pantai Kuta, Lombok, NTB, 3 Oktober 2014. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

Jakarta - Maskapai penerbangan berbiaya murah asal Korea Selatan, Jin Air, siap menerbangkan pesawat berbadan lebar Boeing 777 ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk mendorong pariwisata ke daerah tersebut.

"Saya sudah dapat kabar resmi dari Chairman Korean Air, bahwa anak perusahaannya Jin Air sudah siap menerbangkan Boeing 777 ke Lombok," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong seusai pertemuan di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Senin, 11/4.

Tom, sapaan Thomas, menyebut keberadaan maskapai penerbangan berbiaya murah sangat dibutuhkan untuk mendorong pariwisata di Indonesia.

Ia mengatakan meski investasi pariwisata bukan investasi besar, namun sangat strategis karena membuka peluang lapangan kerja dan menghasilkan devisa karena kunjungan wisatawan mancanegara.

"Ini perlu teamwork (kerja tim) yang luar biasa karena banyak wisatawan tergantung pada konektivitas udara. Jadi perlu konektivitas maskapai penerbangan, terutama maskapai berbiaya murah supaya banyak penerbangan murah dari banyak destinasi seperti Korea, China, Jepang, Australia India dan sebagainya," jelasnya.

Meski penetrasi ke maskapai penerbangan berbiaya murah dibutuhkan, Tom mengatakan pemerintah juga harus mempersiapkan infrastruktur pendukungnya.

"Maka juga butuh upgrading (peningkatan) di bandara-bandara, meski pun runway-nya (landasan pacu) sudah bagus, terminalnya sudah bagus, sekarang kita musti lihat sistem elektroniknya di sistem navigasi, supaya pesawat itu bahkan dalam cuaca buruk masih bisa terbang," katanya.

Khusus di Bandara Internasional Lombok (BIL) yang akan disinggahi Jin Air, Tom mengatakan salah satu yang perlu diperbaiki ialah modifikasi di bandara agar pesawat sebesar Boeing 777 bisa berputar balik di ujung landasan pacu.

"Ruangnya masih sempit, kemudian tadi itu sistem navigasi dan radar supaya pesawat seperti ini dalam cuaca buruk pun masih bisa terbang," tutup Tom.

ANTARA

Comments