Jepang Kini Punya Paspor Paling Sakti, Indonesia Naik Peringkat

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Jepang Kini Punya Paspor Paling Sakti, Indonesia Naik Peringkat

Jepang Kini Punya Paspor Paling Sakti, Indonesia Naik Peringkat

KEPONEWS.COM - Jepang Kini Punya Paspor Paling Sakti, Indonesia Naik Peringkat Jakarta - Laporan Henley Passport Index baru saja mengukuhkan Jepang sebagai pemegang paspor tersakti tahun 2018. Paspor Indonesia pun naik peringkat.Tepat Rabu kemarin (23/5), firma konsultan global...

Jakarta - Laporan Henley Passport Index baru saja mengukuhkan Jepang sebagai pemegang paspor tersakti tahun 2018. Paspor Indonesia pun naik peringkat.

Tepat Rabu kemarin (23/5), firma konsultan global Henley & Partners baru saja merilis laporan Henley Passport Index terbaru tahun 2018. Menggunakan data terbaru dari International Air Transport Association (IATA), survey Henley Passport Index membandingkan kekuatan dari 199 paspor di dunia.

Dilihat detikTravel dari survey terbaru Henley Passport Index, Kamis (24/5/2018), paspor Jepang menyalip Singapura dan Jerman sebagai pemegang paspor tersakti terdahulu di peringkat 1.

Paspor Jepang meninggalkan kompetitornya dengan hanya selisih 1 negara. Dalam survey yang sama, paspor Jepang diketahui memiliki bebas visa ke 189 negara dunia.

Di peringkat 2, ada paspor Singapura dan Jerman yang sama-sama memiliki bebas visa ke 188 negara di dunia. Lantas bagaimana dengan paspor hijau Indonesia?

Penting! Daftar Lengkap Negara yang Bebas Visa untuk Turis Indonesia

Dalam daftar survey terbaru, paspor Indonesia bercokol di peringkat 67 dengan bebas visa ke 71 negara dunia. Pada 2017 lalu, Indonesia berada di peringkat 79 dengan bebas visa ke 57 negara dunia. Artinya, Indonesia naik 12 peringkat dari posisi tahun lalu.

Di peringkat yang sama dengan paspor Indonesia, ada juga negara Kenya, Malawi dan Swaziland. Sedangkan paspor negara tetangga seperti Malaysia ada di peringkat 9 (bebas visa 180 negara), termasuk juga Timor Leste di peringkat 52 (bebas visa 98 negara).

Tonton juga 'Catat! Ini Daftar Negara Bebas Visa Bagi Turis Indonesia':

(sna/fay) Jepang Kini Punya Paspor Paling Sakti, Indonesia Naik Peringkat

Comments