Jembatan Antara Benua Asia dan Eropa yang Megah

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Jembatan Antara Benua Asia dan Eropa yang Megah

Jembatan Antara Benua Asia dan Eropa yang Megah

KEPONEWS.COM - Jembatan Antara Benua Asia dan Eropa yang Megah Istanbul - Bukan sekadar penghubung antar desa, jembatan yang satu ini menghubungkan dua benua. Inilah Jembatan Bosphorus yang ikonik di Turki.Wisata ke Istanbul, Turki rasanya kurang lengkap kalau be...

Istanbul - Bukan sekadar penghubung antar desa, jembatan yang satu ini menghubungkan dua benua. Inilah Jembatan Bosphorus yang ikonik di Turki.

Wisata ke Istanbul, Turki rasanya kurang lengkap kalau belum menyeberangi Bogazici Koprusu alias Jembatan Bosphorus. Ini ialah salah satu jembatan gantung yang melintang di atas Selat Bosphorus. Jembatan ini menghubungkan Ortakoy di sisi Eropa Istanbul, dengan Beylerbeyi di Anatolia, sisi Asia Istanbul.

Jembatan Bosphorus merupakan jembatan pertama yang dibangun di Selat Bosphorus. Pembangunan dimulai sekitar tahun 1970 dan dibuka untuk publik pada tahun 1973, 50 tahun setelah Proklamasi Republik Turki. Panjang jembatan mencapai 1.510 meter.

Jembatan Antar Benua Asia dan Eropa yang Megah(Kurnia/detikTravel)

Jembatan Bosphorus tentunya menjadi penghubung yang sangat penting, mengingat Istanbul merupakan kota yang ada di dua benua. Di mana wilayah Eropa bisa dibilang menjadi pusat usaha dan perdagangan, sedangkan wilayah Asia kebanyakan untuk pemukiman warga.

Dengan adanya jembatan ini, warga dan turis pun bisa menyeberang dari wilayah Eropa ke Asia dengan mudah. detikTravel berkesempatan menyeberang lewat Jembatan Bosphorus beberapa pekan lalu kala berkunjung ke Istanbul, bersama rombongan wartawan dari Indonesia atas undangan Turkish Airlines.

Kami berkendara dari sisi Eropa menuju sisi Asia untuk mengunjungi Istana Beylerbeyi. Siang itu lalu lintas cukup ramai, namun perjalanan masih lancar. Melewati jembatan ini, pemandangan indah pun tersaji.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)

Selat Bosphorus memanjakan mata, dengan kedua sisinya yang menampilkan pesona dua benua berbeda. Kapal-kapal wisata hingga kargo melintas lancar di lautan biru. Di ujung jembatan, terdapat papan kuning bertuliskan selamat datang di Asia dalam bahasa Turki dan Inggris. Wah tak sampai 10 menit sudah sampai belahan benua lain!

Pemandangan Selat Bosphorus dari atas jembatan hanya bisa dinikmati dari dalam kendaraan saja, karena tidak boleh sembarangan turun dari kendaraan di sini. Kalau mau menikmati keindahan Selat Bosphorus sambil foto-foto, ada banyak sekali pilihan destinasi wisata lainnya seperti Ulus Garden.

Sementara kalau ingin lebih santai melihat struktur jembatan dan memotretnya, bisa dari halaman Istana Beylerbeyi, karena lokasinya di sisi bawah dekat ujung Jembatan Bosphorus.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel) (krn/aff)

Comments