Jelang Maulid, 7 Piring Wali Songo Dicuci di Keraton Kasepuhan

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Jelang Maulid, 7 Piring Wali Songo Dicuci di Keraton Kasepuhan

Jelang Maulid, 7 Piring Wali Songo Dicuci di Keraton Kasepuhan

KEPONEWS.COM - Jelang Maulid, 7 Piring Wali Songo Dicuci di Keraton Kasepuhan SEBANYAK tujuh piring pusaka milik Sunan Gunung Jati yang berukuran besar dicuci dalam tradisi tahunan siraman di Keraton Kasepuhan Cirebon. Piring itu dahulu digunakan untuk menjamu Wali Songo saat b...

SEBANYAK tujuh piring pusaka milik Sunan Gunung Jati yang berukuran besar dicuci dalam tradisi tahunan siraman di Keraton Kasepuhan Cirebon. Piring itu dahulu digunakan untuk menjamu Wali Songo saat bermusyawarah.

Sultan ke XIV Kasepuhan Cirebon, Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadingrat di Cirebon, Kamis, mengatakan pada 2018 hanya tujuh piring pusaka yang dicuci saat siraman panjang dan untuk dua piring lain tidak dicuci.

"Kalau 2017, semua piring pusaka dicuci, tetapi 2018 hanya tujuh saja yang dicuci pada tradisi siraman panjang," tambahnya.

(Penampakan "Markas Avangers" yang Bakal Diresmikan Jokowi di Merauke)

Menurutnya ke tujuh piring tersebut sudah berusia sekitar 700 tahun dan dicuci setiap setahun sekali pada tanggal 5 Maulid atau Rabiul Awal. Kemudian akan digunakan untuk ritual panjang jimat yang digelar pada tanggal 12 bulan Maulid atau Rabiul Awal yang bertepatan pada 21 November 2018.

"Tradisi siraman panjang, ini mempunyai filosofi sebagai penyucian diri. Karena setiap kegiatan atau ibadah, tentunya kita harus menyucikan diri terlebih dahulu," ujarnya.

"Sebelum memulai ritual panjang jimat, maka kita mulai dulu dengan tradisi siraman panjang," lanjut Sultan.

(Ramai Jokowi Pakai Jaket 'Bubur Ayam Racer', Yuk Intip 4 Kreasi Bubur Unik Asli Indonesia)

Ia menambahkan piring pusaka yang dicuci dalam tradisi siraman panjang itu semua berjumlah 47 piring, tujuh di antaranya merupakan piring pusaka berukuran besar milik Sunan Gunung Jati.

Sementara itu, 40 piring lainnya merupakan piring ukuran kecil yang berkaligrafi. Tidak hanya piring, dalam tradisi siraman panjang juga dilakukan pencucian dua guci dan dua botol kristal yang usianya ratusan tahun.

(tam)

Comments