Jawaban Facebook soal tudingan kumpulkan data #10YearsChallenge

Nasional

News / Nasional

Jawaban Facebook soal tudingan kumpulkan data #10YearsChallenge

Jawaban Facebook soal tudingan kumpulkan data #10YearsChallenge

KEPONEWS.COM - Jawaban Facebook soal tudingan kumpulkan data #10YearsChallenge Belakangan fenomena 10 Years Challenge atau #10YearsChallenge sangat marak di sosmed, terutama dari Facebook. Hingga pada akhirnya ada tudingan kepada sosmed milik Mark Zuckerberg ini bahwa mereka tel...
Loading...

Belakangan fenomena 10 Years Challenge atau #10YearsChallenge sangat marak di sosmed, terutama dari Facebook. Hingga pada akhirnya ada tudingan kepada sosmed milik Mark Zuckerberg ini bahwa mereka telah memanfaatkan kesempatan mengumpulkan data penggunanya dengan mudah melalui konten tersebut.

Facebook pun telah membantah sangkaan mereka mengumpulkan data wajah manusia untuk melatih mesin pengenal wajah, face recognition, melalui tantangan membuatkan foto 10 Years Challenge tersebut.

"Sejauh ini kami tidak ada komentar perihal itu. Tapi mengenai kabar face recognition itu tidak ada," kata pimpinan komunikasi Facebook Indonesia, Putri Dewanti, kepada media di Jakarta, Senin (21/1).

Dilansir dari antara, sejumlah praktisi teknologi menilai Facebook sebenarnya mempunyai maksud tertentu melalui 10 Years Challenge ini. Facebook disebut sedang melatih mesin mereka untuk memahami perubahan fitur-fitur wajah manusia dalam kurun waktu 10 tahun.

Bahkan seorang praktisi teknologi asal Amerika Serikat, Kate O'Neill, juga mengemukakan analisisnya wacana tantangan ini. "Kurasi waktu 10 tahun akan membantu mereka untuk mendapatkan sampel yang lebih akurat dibandingkan menyisir setiap foto yang masuk ke Facebook selama 10 tahun belakangan," kata dia seperti dikutip dari Wired.

Facebook pun tidak membenarkan bahwa 10 Years Challenge demikian. Meski awalnya viral dari Facebook, menurut mereka tantangan ini juga sangat viral di banyak sekali platform sosmed lainnya. Banyak pengguna sosmed yang menyambungkan akun Facebook mereka dengan akun lain, misalnya Instagram, sehingga apa yang diunggah di satu platform, akan terunggah juga di platform lainnya.

Anggapan yang beredar juga menyebutkan 10 Years Challenge ini merupakan salah satu usaha Facebook untuk menaikkan traffic dan jumlah pengguna aktif mereka, namun, Facebook kembali membantah pendapat tersebut. "Jumlah pengguna aktif mereka tiap bulan di Indonesia mencapai 115 juta per bulan, sementara Instagram 45 juta," ujar Putri.

Sekadar diketahui, 10 Years Challenge viral di sosmed semenjak pekan lalu. Pengguna yang ingin berpartisipasi diminta untuk mengunggah dua foto yang berjarak 10 tahun, misalnya foto yang berasal dari tahun 2009 dan 2019.

Recommended By Editor Jawaban Facebook soal tudingan kumpulkan data #10YearsChallenge
Loading...

Comments