Jauh dari Keluarga, Belajar Ikhlas Tahan Rindu saat Ramadan di Negara Orang

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Jauh dari Keluarga, Belajar Ikhlas Tahan Rindu saat Ramadan di Negara Orang

SALAH satu momen berharga ketika Ramadan merupakan berkumpul bersama keluarga. Baik ketika berbuka, tarawih maupun makan sahur. Rutinitas yang jarang terwujud pada hari biasa.

Kalau kita yang dekat dengan keluarga bisa merasakan indahnya Ramadan bersama orang-orang terkasih, lalu bagaimana orang lain yang harus jauh dari keluarga ketika melewati bulan yang penuh berkah ini di negara orang?

Endy Sjaiful Alim, ST. MT, merupakan salah satu muslim Indonesia yang bisa dipetik pelajaran hidupnya. Sudah dua tahun belakangan dia harus merasakan melewati Ramadan dan lebaran jauh dari keluarga. Ketika ini pria yang berprofesi sebagai dosen itu sedang menjalani studi lanjutan Program PhD Computer Science di Huazhong University of Science & Technology (HUST) kota Wuhan Propinsi Hubei, Tiongkok.

(Dokumentasi Endy Sjaiful Amil)

Kebetulan saya di sini bersama keluarga. Saya membawa istri dan salah satu anak saya umur 3 tahun. Kendati demikian, tentu tetap rindu keluarga besar dan suasana negeri tercinta Indonesia, kata Endy kepada Okezone, Senin (19/6/2017)

Untungnya, ujar pria yang juga ketua PCI Muhammadiyah Tiongkok ini, sekarang sarana komunikasi sudah banyak, bisa telepon dan video conference melalui banyak sekali media. Sedangkan untuk menjaga suasana Ramadan dan hari raya seperti di-Indonesiaan, ia berkumpul bersama komunitas-komunitas muslim di sana.

(Dokumentasi Endy Sjaiful Amil)

Ada komunitas Cabang Istimewa Muhammadiyah Tiongkok yang akan mengadakan Open House di hari raya Idul Fitri. Ada pula penyelenggaraan salat Ied bergabung dengan warga muslim Tionghoa di masjid HanKou, sambungnya.

Lebih lanjut Endy menuturkan, kebetulan tahun ini ia tidak ada rencana mudik. Karena masih ada target aktivitas studi yang harus diselesaikan. Harus nrimo jauh dari keluarga semanatara waktu dulu, nanti Insya Allah bisa berkumpul lagi, imbuhnya.

Jauh dari Keluarga, Belajar Ikhlas Tahan Rindu saat Ramadan di Negara Orang

Comments