Jasa Marga Uji Coba Sistem Transaksi Tol Tanpa Henti

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Jasa Marga Uji Coba Sistem Transaksi Tol Tanpa Henti

Jasa Marga Uji Coba Sistem Transaksi Tol Tanpa Henti

KEPONEWS.COM - Jasa Marga Uji Coba Sistem Transaksi Tol Tanpa Henti TANGERANG - PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau dikenal dengan Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatk...

TANGERANG - PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau dikenal dengan Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan para pengguna jalan tol.

Kita uji coba dulu, agar masyarakat nantinya nyaman memakai sistem ini. Untuk awal, internal BUMN dulu, kita uji coba dengan Damri dengan mobil Garuda. Saya menyambut baik inovasi dan upaya-upaya yang dilakukan oleh Jasa Marga sebagai operator jalan tol dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat atau pengguna jasanya. Harapannya tahun ini bisa dikomersilkan ungkap Menteri BUMN Rini M Soemarno, di Gerbang Tol (GT) Cengkareng dan GT Kapuk pada ruas Tol Soedyatmo, Jumat (22/3/2019).

Jasa Marga Cetak Laba Bersih Rp2,2 Triliun pada 2018

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan, teknologi sistem transaksi tol tanpa henti ini diinisiasi oleh anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) bersama tim konsorsium. Sistem ini merupakan pengembangan dari teknologi Electronic Toll Collection (ETC) menuju sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

Sistem transaksi serupa sudah banyak diterapkan di banyak sekali negara guna menjamin kelancaran transaksi dan mengendalikan antrean di gerbang tol. Dengan sistem ini, pengendara tidak perlu lagi menghentikan laju mobilnya di gerbang tol untuk melakukan tapping transaksi, sehingga akan lebih efisien dan diharapkan dapat mencegah penumpukan antrean transaksi di gerbang tol.

Cari Modal, Jasa Marga Terbitkan Dinfra Rp1 Triliun

Sebelum uji coba di Jalan Tol Sedyatmo ini, Jasa Marga telah melakukan uji coba serupa di Jalan Tol Bali Mandara secara terbatas pada tahun 2018 lalu dengan menggandeng perusahaan taksi Blue Bird.

Uji coba SLFF di Jalan Tol Sedyatmo menunjukkan bahwa Jasa Marga konsisten untuk terus melakukan pengembangan pada banyak sekali aspek, baik dari segi fasilitas maupun layanan kepada pengguna jalan tol.

Desi juga menambahkan bahwa untuk menyokong sistem transaksi ini, Jasa Marga juga bekerja sama dengan "LinkAja" sebagai software penyedia saldo sehingga masyarakat pengguna bisa melakukan isi ulang melalui "LinkAja".

(fbn)

Comments