Japanese Enchepalitis Paling Banyal Terjadi di Provinsi Bali

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Japanese Enchepalitis Paling Banyal Terjadi di Provinsi Bali

Japanese Enchepalitis Paling Banyal Terjadi di Provinsi Bali

KEPONEWS.COM - Japanese Enchepalitis Paling Banyal Terjadi di Provinsi Bali JAKARTA - Japanese encephalitis (JE) ialah penyakit radang otak disebabkan oleh virus Japanese ensefalitis termasuk family Flavivirus dan merupakan masalah kesehatan masyarakat di Asia termasuk di Ind...

JAKARTA - Japanese encephalitis (JE) ialah penyakit radang otak disebabkan oleh virus Japanese ensefalitis termasuk family Flavivirus dan merupakan masalah kesehatan masyarakat di Asia termasuk di Indonesia.

Jumlah kasus JE di Indonesia tahun 2016 yang dilaporkan sebanyak 326 kasus dan kasus terbanyak dilaporkan terdapat di Provinsi Bali dengan jumlah kasus 226 (69,3%).

Penularan virus tersebut sebenarnya hanya terjadi antara nyamuk, babi, dan atau burung rawa.

Manusia bisa tertular virus JE bila tergigit oleh nyamuk Culex tritaeniorhynchus yang terinfeksi.

Biasanya nyamuk ini lebih aktif pada malam hari.

Nyamuk golongan Culex ini banyak terdapat di persawahan dan area irigasi. Kejadian penyakit JE pada manusia biasanya meningkat pada musim hujan.

Di Bali, tingginya kejadian Japanese Encephalitis dikaitkan dengan banyaknya persawahan dan peternakan babi di area tersebut, tutur Direktur Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, dr Elizabeth Jane Soepardi MPH Dsc dalam keterangannnya, Senin (3/4/2017).

Alur penyakit JE Alur penyakit JE (businessmirror.com)

Sebagian besar penderita JE hanya menunjukkan gejala yang ringan atau bahkan tidak bergejala sama sekali.

Gejala dapat muncul 5-15 hari setelah gigitan nyamuk yang terinfeksi virus berupa demam, menggigil, sakit kepala, lemah, mual, dan muntah.

Kurang lebih 1 dari 200 penderita infeksi JE menunjukkan gejala yang berat yang berkaitan dengan peradangan pada otak (encephalitis), berupa demam tinggi mendadak, sakit kepala, kaku pada tengkuk, disorientasi, koma (penurunan kssadaran), kejang, dan kelumpuhan.

Comments