Jangan Tunggu Timbul Gejala, Ini Cara Mudah Cegah Osteoporosis

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Jangan Tunggu Timbul Gejala, Ini Cara Mudah Cegah Osteoporosis

Jangan Tunggu Timbul Gejala, Ini Cara Mudah Cegah Osteoporosis

KEPONEWS.COM - Jangan Tunggu Timbul Gejala, Ini Cara Mudah Cegah Osteoporosis Penyakit osteoporosis kerap tidak disadari, karena seringkali muncul tanpa gejala. Ini seperti diungkapkan oleh Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, Kartini Rustandi, M.Kes...

Penyakit osteoporosis kerap tidak disadari, karena seringkali muncul tanpa gejala. Ini seperti diungkapkan oleh Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, Kartini Rustandi, M.Kes, yang menyebut osteoporosis sebagai The Silent Epidemic Disease.

"Ini karena osteoporosis menyerang secara diam-diam tanpa adanya tanda-tanda khusus, hingga seseorang mengalami patah tulang," ungkap Kartini di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Borobudur, Jakarta, Jumat, 19 Oktober 2018.

Kartini memaparkan, osteoporosis secara negatif memengaruhi kondisi bentuk tubuh. Osteoporosis, lanjut dia, juga sangat berbahaya dan tidak bisa disembuhkan. Oleh karena itu sangat penting untuk mencegah osteoporosis semenjak dini.

Sementara itu, Pengurus Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI), dr. Ade Tobing, SpKO, memaparkan, osteoporosis bisa dicegah dengan cara yang sederhana. Beberapa di antaranya dengan menerapkan pola makan sehat dan aktif beraktivitas fisik atau berolahraga.

Gerakan olahraga

image_title

Remaja yang Suka Diet, Waspada Kena Osteoporosis Dini

image_title

Kumis Kucing, Obati Osteoporosis secara Alami

image_title

Tak Ingin Tulang Cepat Keropos, Segera Tinggalkan 5 Hal Ini

"Jadi penuhi asupan kalsium per hari sesuai usia dan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium. Selain itu, hindari perilaku sedentari dengan rajin berolahraga. Kurang olahraga akan menghambat proses pembentukan massa tulang sehingga mengakibatkan berkurangnya kepadatan massa tulang," kata Ade di tempat yang sama.

Lebih lanjut, Ade memaparkan, latihan fisik atau olahraga yang dimulai semenjak dini dapat secara efektif mencegah penyakit osteoporosis. Adapun untuk mencegah osteoporosis, dianjurkan untuk melakukan latihan bersifat weight bearing exercise, yaitu latihan pembebanan khususnya pada area lumbal, pangkal paha dan pergelangan tangan. Meski demikian, olahraga harus dilakukan dengan prinsip Baik, Benar, Terukur, dan Teratur (BBTT).

Sebelum berolahraga pastikan memakai perlengkapan yang sesuai ukuran dan jenis olahraga, bila perlu memakai pelindung. Lalu lakukan pemanasan atau peregangan, ditutup dengan pendinginan. Untuk mencapai hasil maksimal, lakukan olahraga secara rajin, yaitu 3-5 kali dalam seminggu," kata dia.

Comments