Jangan Terkecoh Gimmick Paket Internet

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Jangan Terkecoh Gimmick Paket Internet

Jangan Terkecoh Gimmick Paket Internet

KEPONEWS.COM - Jangan Terkecoh Gimmick Paket Internet Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) periode 2019 hingga kuartal II 2020 mencatat, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 juta jiwa. Bila pada 2018 lalu, j...

Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) periode 2019 hingga kuartal II 2020 mencatat, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 juta jiwa. Bila pada 2018 lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia hanya sebesar 171,2 juta jiwa.

Menurut APJII, mayoritas pengguna mengatakan memakai internet selama lebih dari 8 jam sehari. Ada lima alasan memakai internet dengan waktu yang mirip jam kerja tersebut. Pertama sosmed 51,5 persen, kedua komunikasi lewat pesan, ketiga dan keempat main game online, yang kelima belanja online.

Taktik Indihome Bikin Konsumen Kepincut

Survei ini dilakukan oleh APJII pada 2 sampai 25 Juni 2020. Adapun jumlah respondennya sebanyak 7.000 jiwa dengan teknik pengumpulan data wawancara dan penyebaran kuisioner di seluruh provinsi di Indonesia. Survei tersebut mempunyai margin of error sebesar 1,27 persen.

Saat ini koneksi internet telah menjadi kebutuhan utama setiap orang. Mulai dari bekerja, sekolah sampai hiburan. Untuk mendapatkan koneksi internet juga sangat mudah dan terjangkau mengingat banyak operator seluler memberikan banyak sekali varian paket data internet yang sesuai bujet dan kebutuhan.

Namun sayangnya, banyak pula operator seluler yang memberikan promo paket data internet yang tidak sesuai dengan keinginan pengguna. Misalnya, promo harga murah dengan paket data internet besar tapi dibagi-bagi untuk kuota gaming, layanan edukasi online, konferensi video, serta software chatting.

Adalagi yang memberikan promo besar, namun kuota internetnya terbagi-bagi berdasarkan jam hingga cuma bisa mengakses software tertentu, di mana mayoritas bonus kuota internet ini hanya bisa digunakan tengah malam. Padahal, banyak pengguna membutuhkan kuota internet besar pada saat jam-jam sibuk untuk bekerja, yaitu pagi hingga sore.

Sudah pasti bonus kuota internet besar akan terbuang sia-sia. Banyaknya syarat dan ketentuan dalam mengakses bonus kuota internet juga membuat pengguna berpikir dua kali sebelum membeli promo paket data internet.

Photo : The Journal

Berdasarkan data yang diolah, Minggu, 6 Desember 2020, penggunaan software mobile dan layanan digital meningkat secara signifikan, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Lembaga riset mobile, App Annie, mengungkapkan penggunaan software mobile di kuartal III 2020 secara global meningkat hingga 25 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun software sosmed dan layanan streaming video yang sering digunakan ialah Facebook, WhatsApp, Instagram, TikTok, Twitter, Spotify, dan Netflix.

Salah satu operator seluler yang memberikan paket internet seutuhnya atau tidak dibagi-bagi berdasarkan software dan waktu ialah Tri Indonesia lewat Kuota Happy selama 24 jam tanpa ribet.

Pengguna Tri Indonesia dapat menikmati paket internet ini, mulai dari kuota 2GB seharga Rp12 ribu untuk 5 hari, dan 5GB seharga Rp25 ribu untuk 7 hari. Selanjutnya, 12GB seharga Rp50 ribu, 18GB seharga Rp70 ribu dan 25GB seharga Rp95 ribu untuk 30 hari.

Bagi yang tertarik memakai Kuota Happy, cara mengaktifkannya cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengaktifkan Kuota Happy melalui *123# atau melalui software Bima Plus.

Comments