Jangan Takut Divaksin! Ini Sederet Manfaat Vaksin Covid-19

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Jangan Takut Divaksin! Ini Sederet Manfaat Vaksin Covid-19

Jangan Takut Divaksin! Ini Sederet Manfaat Vaksin Covid-19

KEPONEWS.COM - Jangan Takut Divaksin! Ini Sederet Manfaat Vaksin Covid-19 DI tengah pandemi Covid-19 banyak orang yang berusaha mendapatkan vaksin Covid-19 agar terhindar dari serangan virus corona. Namun sejatinya, seseorang dapat menjadi kebal dengan cara pulih dari infek...

DI tengah pandemi Covid-19 banyak orang yang berusaha mendapatkan vaksin Covid-19 agar terhindar dari serangan virus corona.

Namun sejatinya, seseorang dapat menjadi kebal dengan cara pulih dari infeksi Covid-19 sebelumnya atau melalui vaksinasi Covid-19. Sementara beberapa individu tidak dapat menjadi kebal karena alasan medis, seperti imunodefisiensi atau imunosupresi, sehingga bagi komunitas seperti ini, kekebalan kelompok atau herd immunity jadi perlindungan yang sangat penting.

Vaksin Covid-19

Kekebalan kelompok terhadap Covid-19 diwujudkan dengan melindungi orang melalui vaksinasi, bukan dengan membiarkan masyarakat terpapar oleh patogen penyebab penyakit.

"Vaksin melatih sistem kekebalan tubuh untuk membuat protein yang melawan penyakit, yang dikenal sebagai 'antibodi'. Seperti yang akan terjadi ketika seseorang terpapar suatu penyakit. Vaksin bekerja tanpa membuat seorang sakit dan terinfeksi suatu virus. Orang yang divaksin dilindungi dari suatu penyakit yang menularkan patogen, hal tersebut akan memutus rantai penularan," ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam Siloam Hospitals Lippo Village, dr. Sandra Sinthya Langow Sp.PD, Selasa, (15/6/2021).

Menurut Dokter Sandra, sebagian besar populasi masyarakat perlu divaksin untuk menurunkan jumlah keseluruhan virus yang terus menyebar di seluruh populasi. "Hal yang paling efisien merupakan vaksinasi covid kepada kelompok anak muda dengan rentan umur dimulai dari usia 18 tahun."

Usaha pemerintah guna menahan laju penyebaran virus corona, terang Dokter Sandra, merupakan vaksinasi kepada masyarakat untuk rentan usia diatas 18 tahun pada beberapa waktu. Ini merupakan langkah yang menggembirakan.

Alasannya adalah data menunjukan bahwasannya 57% penderita atau yang terpapar virus Covid- 19 di Indonesia ialah kelompok masyarakat dengan usia 31-59 tahun dan sangat berpengaruh mencapai herd immmunity atau kekebalan komunal.

Adapun kekebalan komunal dapat dicapai jikalau telah memenuhi syarat keamanan dari lembaga terkait seperti BPOM, Kemenkes dan lainnya sesuai dengan jenis vaksin yang tersedia di Indonesia.

"Gunakan vaksin Covid-19 yang telah disediakan pemerintah, termasuk melalui skema vaksinasi gotong royong. Kawula muda pun dapat memakai hal ini," ujar Dokter Sandra.

Dokter Sandra mejelaskan, manfaat vaksin Covid-19 banyak sekali. Antara lain bisa mengurangi gejala berat apabila terpapar virus covid 19. Mengurangi risiko kematian karena terpapar virus corona. Juga menghambat virus corona bermutasi.

"Syarat mendapatkan vaksin merupakan kondisi tubuh sehat dan normal," pungkas Dokter Sandra.

(DRM)

Comments