Jangan Takut, Biopsi Tidak Buat Kanker Makin Ganas

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Jangan Takut, Biopsi Tidak Buat Kanker Makin Ganas

Jangan Takut, Biopsi Tidak Buat Kanker Makin Ganas

KEPONEWS.COM - Jangan Takut, Biopsi Tidak Buat Kanker Makin Ganas BEBERAPA pasien kanker merasa ketakutan ketika dirinya diminta untuk biopsi. Hal ini terjadi karena banyak anggapan di masyarakat bahwa biopsi dapat membuat sel kanker menyebar. Sayangnya, tidak sedik...

BEBERAPA pasien kanker merasa ketakutan ketika dirinya diminta untuk biopsi. Hal ini terjadi karena banyak anggapan di masyarakat bahwa biopsi dapat membuat sel kanker menyebar.

Sayangnya, tidak sedikit masyarakat yang tergoda oleh pandangan keliru tersebut. Dokter Spesialis Hermatologi Onkologi Medik RSCM Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, SpPD-KHOM, pun menyatakan biopsi bisa menyebarkan sel kanker ialah salah.

"Biopsi itu tidak membuat sel kanker menyebar luas di tubuh," tegasnya saat ditemui Okezone di acara Bincang Kanker dengan Pakar di daerah Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020).

Bahkan, sel kanker itu dapat membentuk pembuluh darah baru.

Menurutnya, sel kanker memang mempunyai sifat menyebar, dan pemicunya bukan karena biopsi. "Ini yang harusnya dicamkan," lugasnya.

Dalam paparannya, ada beberapa ciri khas sel kanker, antara lain bertumbuh terus menerus. Selain itu, sel kanker juga menyebar secara aktif dan bersifat tahan terhadap kematian sel terprogram. Bahkan, sel kanker itu dapat membentuk pembuluh darah baru.

Selanjutnya

Comments