Jangan Takut Berobat, Dokter Gigi Sebut Gigi Berlubang Tidak Selalu Harus Dicabut Kok!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Jangan Takut Berobat, Dokter Gigi Sebut Gigi Berlubang Tidak Selalu Harus Dicabut Kok!

Jangan Takut Berobat, Dokter Gigi Sebut Gigi Berlubang Tidak Selalu Harus Dicabut Kok!

KEPONEWS.COM - Jangan Takut Berobat, Dokter Gigi Sebut Gigi Berlubang Tidak Selalu Harus Dicabut Kok! Sakit gigi sering dianggap sepele, tapi bila sudah terjadi bisa sangat mengganggu aktivitas, bahkan hingga menurunkan kepercayaan diri....

Sakit gigi sering dianggap sepele, tapi bila sudah terjadi bisa sangat mengganggu aktivitas, bahkan hingga menurunkan kepercayaan diri.

Sayangnya tidak sedikit orang yang takut berobat ke dokter gigi, karena tak ingin giginya dicabut. Padahal dokter mengatakan kalau gigi berlubang bisa menimbulkan bau napas hingga gigi kuning yang bisa merusak penampilan seseorang.

"Semua makanan masuk dari mulut, jadi bakteri di dalam mulut itu banyak banget. Kalau kesehatan gigi nggak dijaga bakteri terus bertambah, lalu jadi lubang kecil yang bila dibiarkan bisa semakin besar," ujar drg. Jessica Mulia dalam acara campaign bertajuk #UNJUKGIGI Satu Dental di Jakarta Selatan, Kamis (24/9/2022).

drg Jessica Mulia dari Satu Dental. (Dok. Dini/Suara.com)drg Jessica Mulia dari Satu Dental. (Dok. Dini/Suara.com)

Tapi mirisnya drg. Jessica menemukan sebagian besar masyarakat baru datang ke dokter gigi, bila sudah mengeluh sakit dan lubang gigi sudah besar dan kronis.

Tanya Dokter Gigi: Dok, Kenapa ya setelah Scaling Gigi Lebih Sensitif dan Sering Ngilu?

Hal ini juga sesuai dengan temuan tren yang didapati Chief Strategy Officer Satu Dental, Felix Saputra, bahwa banyak pasien bercerita dapat pelayanan klinik gigi di kecamatan, saat giginya sakit karena berlubang maka solusinya harus dicabut.

"Banyak sekali masyarakat yang menganggap saat giginya sakit berarti harus dicabut, dan ujung-ujungnya jadi nggak ada gigi," ungkap Felix.

Hasilnya banyak pasien yang mengeluh lebih susah untuk makan, dan jadi tidak percaya diri karena giginya sudah tidak lengkap.

"Padahal itu nggak semuanya benar, karena sekarang ada teknologi X-ray bisa melihat seberapa parah giginya. Tidak semuanya harus dicabut, karena bisa dirawat dan ditambal," tambah Felix.

Fenomena ini juga terangkum di 9 cabang Satu Dental di DKI Jakarta dan Tangerang, bahwa banyak masyarakat yang belum mendapat akses perawatan gigi oleh tenaga medis gigi.

Curhat Perempuan Malaysia Punya Pacar Jorok Tak Pernah Sikat Gigi, Ngaku Jijik Ketika Berciuman!

Data Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas 2018, ada 98,9% masyarakat di perkotaan tidak pernah ke dokter gigi dalam setahun terakhir.

Comments