Jangan Salah Kaprah, Begini Tips Menyimpan Makanan di Freezer

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Jangan Salah Kaprah, Begini Tips Menyimpan Makanan di Freezer

Jangan Salah Kaprah, Begini Tips Menyimpan Makanan di Freezer

KEPONEWS.COM - Jangan Salah Kaprah, Begini Tips Menyimpan Makanan di Freezer SEPERTIGA bahan makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia terbuang setiap tahunnya. Jumlah tersebut setara dengan 1,3 miliar ton makanan. Selain pemborosan, sampah makanan mencemari lingkungan. I...


SEPERTIGA bahan makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia terbuang setiap tahunnya. Jumlah tersebut setara dengan 1,3 miliar ton makanan. Selain pemborosan, sampah makanan mencemari lingkungan. Itulah sebabnya kehadiran kulkas dengan mesin pembeku (freezer), sangat berguna untuk meminimalkan pembuangan sampah makanan.

Meski sangat sering digunakan, masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam menyimpan makanan di freezer. Pakar nutrisi dan gaya hidup dari Australia, Joana McMillan, mengatakan, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara tepat menyimpan makanan di alam freezer.

Cara Jitu Gisella Anastasia Bujuk Gempita Sekolah, Bisa Dicoba Nih Moms!

Tidak semua bahan makanan bisa disimpan di dalam freezer. Adapun makanan yang tidak boleh disimpan di freezer antara lain, susu, gorengan, krim asam, dan makanan renyah. Diwartakan The Independent, susu beku dan krim asam akan mengental ketika dicairkan dan kandungan gizi di dalamnya bakal rusak. Sementara makanan ringan berupa keripik bakal melempem setelah dikeluarkan dari freezer.

Sementara bahan makanan yang bisa disimpan di dalam freezer merupakan pasta, nasi, kacang, keju, mentega, roti, tepung, kaldu, daging, dan telur yang telah retak. Namun, Kamu harus berhati-hati kalau ingin menyimpan kacang di dalam mesin pembeku. Karena, kacang yang tinggi lemak bisa menjadi tengik kalau disimpan terlalu lama. Lalu, bagaimana cara membekukan makanan yang tepat?

1. Biarkan semua makanan berada pada suhu ruang sebelum dibekukan.

2. Bungkus bahan makanan dengan plastik kedap udara.

3. Pastikan semua bahan makanan yang hendak dibekukan masih dalam keadaan segar.

4. Pastikan sirkulasi udara di dalam freezer lancar agar bahan makanan membeku tepat.

Kerap Merinding? Artinya Kamu Berprestasi & Lebih Bahagia

Selanjutnya, perhatikan waktu penyimpanan bahan makanan yang dibekukan. Jangan sampai menyimpannya terlalu lama, apalagi jikalau kondisi freezer sering dibuka tutup. Simpan bahan makanan maksimal selama sebulan kalau freezer sering dibuka tutup.

(dno)

Comments