Jangan Remehkan jika Mudah Lelah, Bisa Jadi Ini Gejala Hepatitis

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Jangan Remehkan jika Mudah Lelah, Bisa Jadi Ini Gejala Hepatitis

Jangan Remehkan jika Mudah Lelah, Bisa Jadi Ini Gejala Hepatitis

KEPONEWS.COM - Jangan Remehkan jika Mudah Lelah, Bisa Jadi Ini Gejala Hepatitis HEPATITIS biasanya merupakan kondisi peradangan pada organ hati. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang bisa menyebabkan hepatitis. Selain itu, obat-obatan, racun, dan alkohol dapat...

HEPATITIS biasanya merupakan kondisi peradangan pada organ hati. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang bisa menyebabkan hepatitis. Selain itu, obat-obatan, racun, dan alkohol dapat menjadi faktor penyebab penyakit hepatitis.

Hati merupakan organ yang sangat penting. Fungsi hati yaitu menyaring racun dari tubuh, memperbaiki sel darah merah yang rusak dan membantu menghasilkan protein khusus yang penting bagi tubuh. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan Sekitar 4.4 juta warga Amerika menderita Hepatitis B dan C, dikutip dari HealthLine, Rabu (1/08/2018).

Hepatitis terbagi menjadi beberapa jenis yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Hepatitis A merupakan penyakit akut yang bisa disembuhkan. Namun, hepatitis B, C, dan D merupakan penyakit akut yang berkelanjutan. Hepatitis E dapat berbahaya bagi wanita hamil.

(Ramalan Sifat Cucu Jokowi yang ke-2 Berdasarkan Penanggalan Jawa)

(Perkenalkan Jare, Gadis Paling Cantik di Dunia)

Okezone melansir dari HealthLine, Inilah 6 gejala umum hepatitis yang harus Kamu ketahui:

1. Kelelahan

Kelelahan merupakan kekurangan energi yang membuat kamu sering merasa mengantuk. Kurangnya olahraga dan pola makan yang buruk akan membuat Kamu cepat lelah. Istirahat yang cukup dan makanan sehat dengan nutrisi yang baik akan menyembuhkan rasa lelah. Namun, apabila sudah istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan sehat rasa lelah Kamu tak kunjung sembuh, hati-hati mungkin itu ialah gejala hepatitis. Segeralah periksakan diri Kamu ke dokter.

2. Gejala mirip flu

Gejala mirip flu seperti demam, nyeri pada tubuh, dan kelelahan yang tak kunjung sembuh. Biasanya gejala flu ini akan terjadi selama 4 hari sampai 2 minggu.

3. Warna urin yang gelap

Umumnya, urin seseorang berwarna kuning pucat. Apabila warna urin berubah warna menjadi gelap seperti coklat, kuning tua bahkan merah harus Kamu waspadai. Urin yang gelap dapat mengindikasikan penyakit hati karena bercampurnya cairan empedu dengan urin.

4. Kotoran berwarna pucat

Kotoran biasanya berwarna coklat. Apabila kotoran kamu berwarna pucat mungkin Kamu mempunyai masalah pada sistem pembuangan yang terdiri dari usus besar, empedu, hati dan pankreas.

5. Penurunan Berat Badan

Penurunan nafsu makan atau istilah medisnya ialah anoreksia dapat menyebabkan penurunan berat badan yang cukup signifikan.

6. Mata dan kulit yang kuning

Penyakit kuning merupakan istilah medis yang menyebabkan kulit dan mata berubah warna jadi kuning. Penyakit kuning terbentuk ketika tubuh Kamu memproduksi terlalu banyak Bilirubin. Bilirubin merupakan pigmen kuning yang diciptakan dari pemecahan sel darah merah. Biasanya, hati akan menyingkirkan bilirubin.

(ndr)

Comments