Jangan Mengorek Telinga, Ini Alasannya

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Jangan Mengorek Telinga, Ini Alasannya

Jangan Mengorek Telinga, Ini Alasannya

KEPONEWS.COM - Jangan Mengorek Telinga, Ini Alasannya Jum'at, 03 Maret 2017 | 16:00 WIBIlustrasi mengusap indera pendengaran. Lovemerubme.comJakarta -Anda pasti pernah menggunakan kapas atau cotton bud atau untuk membersihkan indera pendengaran Anda, kan...

Jum'at, 03 Maret 2017 | 16:00 WIB

Jangan Mengorek Telinga, Ini Alasannya

Ilustrasi mengusap indera pendengaran. Lovemerubme.com

Jakarta -Anda pasti pernah menggunakan kapas atau cotton bud atau untuk membersihkan indera pendengaran Anda, kan? Mulai ketika ini, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut.

Dokter spesialis indera pendengaran, hidung, dan tenggorokan (THT) dari Rumah Sakit Fatmawati, Sri Susilawati, mengatakan indera pendengaran selalu bersih. "Dari bayi sampai tua, jadi tidak harus dikorek," kata Sri.

Baca juga:Benarkah Urine dalam Kolam Renang Tak Berbahaya?

Mengorek atau membersihkan indera pendengaran dengan kapas, Sri menjelaskan, malah akan membuat kotoran jadi terdorong ke dalam. "Atau bahkan membuat indera pendengaran bengkak, jadi jangan dikorek," ujarnya.

Namun, bagi Anda yang memiliki produksi minyak indera pendengaran yang banyak, liang indera pendengaran yang sempit, atau telinganya tidak normal, sebaiknya jangan mengorek atau membersihkan sendiri. "Pergi ke rumah sakit atau puskesmas, nanti dokter yang membersihkan pakai alat," kata dia.

Sri ingat ucapan pasiennya yang mengatakan kerbau saja tidak pernah dibersihkan, kupingnya selalu bersih. "Saya bilang, nah, itu Anda tahu, memang indera pendengaran kita ini sudah selalu bersih dari sananya," ujar Sri.

AFRILIA SURYANIS

Baca juga:
Begini Gaya Sang Jenderal Setelah Purnawirawan
Raja Salman Rupanya Gemar Media Sosial! Ini Faktanya

Comments