Jangan Malas! Rajin Sikat Gigi Kurangi Risiko Penyebaran Virus HPV Akibat Oral Seks

Hot!

Life & Style / Hot!

Jangan Malas! Rajin Sikat Gigi Kurangi Risiko Penyebaran Virus HPV Akibat Oral Seks

Jangan Malas! Rajin Sikat Gigi Kurangi Risiko Penyebaran Virus HPV Akibat Oral Seks

KEPONEWS.COM - Jangan Malas! Rajin Sikat Gigi Kurangi Risiko Penyebaran Virus HPV Akibat Oral Seks WALAUPUN sering dijadikan pilihan untuk inovasi dalam bercinta, para ahli tidak menyarankan pasangan untuk melakukan oral seks. Hal itu dikarenakan oral seks bisa menyebarkan bakteri dan virus penyeba...

WALAUPUN sering dijadikan pilihan untuk inovasi dalam bercinta, para ahli tidak menyarankan pasangan untuk melakukan oral seks. Hal itu dikarenakan oral seks bisa menyebarkan bakteri dan virus penyebab penyakit menular seksual (PMS).

Selain menghindari oral seks, para ahli juga menyarankan untuk melakukan hubungan seks yang aman dengan menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom untuk mencegah penyebaran PMS. Seks oral menjadi sarana untuk penyebaran virus HPV yang menyebabkan kanker. Menurut data NHS, sebanyak 35% kanker tenggorokan disebabkan oleh HPV.

Penggunaan kondom diharapkan bisa mencegah virus HPV yang berpotensi menjadi kanker masuk ke tenggorokan. Selain menggunakan alat kontrasepsi, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan menyikat gigi secara teratur bisa mengurangi risiko penyebaran virus HPV di tenggorokan.

"Menjaga kesehatan mulut dapat mencegah infeksi HPV dan kanker HPV berikutnya. Tapi diharapkan penelitian lebih lanjut guna mengonfirmasi hubungan antara kesehatan mulut dengan HPV. Bagaimanapun juga, setiap orang harus merawat gigi dan gusinya untuk banyak sekali manfaat kesehatan lainnya," ungkap Dr Trang Bui, dari Health Center University of Texas seperti yang dikutip dari Express, Senin (25/9/2017).

Dari hasil penelitian itu ditemukan fakta bahwa penggunaan pasta gigi yang mengandung arang bisa membuat hal itu menjadi lebih efektif. Arang dengan sifat alaminya bisa mengikat dan menyerap bakteri yang menyebar ke mulut melalui seks oral. Penelitian menunjukkan arang aktif dapat mengurangi bakteri hingga 90%.

Selain itu, para periset di University of Michigan menemukan manfaat yang serupa, yaitu arang aktif dapat melekat atau menyerap secara kimiawi ke banyak sekali partikel dan gas. Hal itu membuatnya ideal untuk menghilangkan zat beracun yang potensial menyebabkan infeksi. Akan tetapi, perwakilan dari Cancer Research Inggris, Katie Edmunds tidak sepenuhnya mempercayai hasil temuan ini.

"HPV terkait dengan beberapa jenis kanker mulut dan tenggorokan. Namun tidak ada kaitan yang terang antara kebersihan mulut dan infeksi HPV. Jadi, menjaga rutinitas menyikat gigi memang penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Sedangkan cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker mulut dan tenggorokan merupakan bebas rokok, mengurangi alkohol, serta mendapatkan banyak buah dan sayuran," kata Katie.

Perlu diketahui, HPV tidak secara langsung menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan. Namun HPV memicu perubahan pada sel yang telah terinfeksi sehingga menjadikannya kanker. Gejala kanker mulut dan tenggorokan meliputi bercak merah atau putih di lidah atau lapisan mulut, bisul mulut, pembengkakan di mulut, dan rasa sakit ketika menelan.

(hel)

Jangan Malas! Rajin Sikat Gigi Kurangi Risiko Penyebaran Virus HPV Akibat Oral Seks

Comments