Jangan Dipercaya, Terungkap 4 Mitos Menstruasi yang Salah Besar

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Jangan Dipercaya, Terungkap 4 Mitos Menstruasi yang Salah Besar

Jangan Dipercaya, Terungkap 4 Mitos Menstruasi yang Salah Besar

KEPONEWS.COM - Jangan Dipercaya, Terungkap 4 Mitos Menstruasi yang Salah Besar BANYAK sekali mitos yang beredar di masyarakat perihal menstruasi pada wanita. Bahkan, ada juga yang menganggab bahwa hal tersebut sangat kotor. Padahal, pada kenyataan, tidak semua mitos tersebut ben...
Loading...

BANYAK sekali mitos yang beredar di masyarakat perihal menstruasi pada wanita. Bahkan, ada juga yang menganggab bahwa hal tersebut sangat kotor. Padahal, pada kenyataan, tidak semua mitos tersebut benar dan mestruasi bukanlah hal yang kotor.

Menstruasi atau datang bulan yang terjadi pada wanita dalam periode tertentu melepaskan sel telur yang sudah tidak baik dan memproduksi sel telur baru di dalam rahim. Hal ini tentunya sangat baik bagi kesehatan dan kesuburan wanita tersebut.

Lalu, apalah fakta yang benar mengenai datang bulan? Melansir The Sun, Selasa (12/2/2019), berikut Okezone rangkum mitos-mitos yang salah mengenai mestruasi.

Tahu Mr P Suami Sangat Kecil di Malam Pertama, Reaksi Sang Istri Mengejutkan

1. Tidak dapat hamil saat menstruasi

Hal ini tidaklah sepenuhnya benar. Kehamilan pada wanita tentunya dipengaruhi oleh kesuburan sel telur yang biasanya terjadi pada hari ke 12 sampai 16 sebelum terjadinya datang bulan selanjutnya.

Akan tetapi, hal tersebut juga tergantung periode datang bulan yang terjadi pada wanita. Jadi, semakin cepat siklus datang bulan yang terjadi pada wanita, semakin cepat pula masa subur tersebut datang. Hal lain yang perlu diingat merupakan sperma dapat bertahan sampai lima hari di dalam saluran genetikal.

2. Datang bulan teratur

Terdapat mitos bahwa wanita dapat membuat mestruasi mereka lebih teratu dengan cara tertentu. Akan tetapi, pada kenyataannya peneliti tidak menemukan singkronasi pada menstruasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2006 tersebut, dapat disimpulkan bahwa wanita tidak menyingkronkan siklus menstruasi.

3. Pil KB aman untuk tidak menstruasi

Baru-baru ini diketahui bahwa wanita aman untuk memakai pil KB. Hal tersebut terjadi karena wanita tidak harus mengalami menstruasi setiap bulanya. Lalu, Bila seorang wanita memakai pil, pendarahan yang terjadi bukanlah menstruasi yang sesungguhnya, melainkan karena faktor kimiawi.

Tiba di Indonesia, Miss World 2018 Vanessa Ponce Akui Orang Indonesia Ramah-Ramah

4. Tidak boleh mandi

Sebenarnya, yang dibutuhkan saat sedang mengalami menstruasi merupakan kebersihan. Oleh karena itu, mandi atau berendam saat dalam periode menstruasi bukanlah hal yang salah. Akan tetapi, penggunaan bahan yang keras dapat memengaruhi kesehatan Mrs. V. Oleh karena itu, yang dibutuhkan merupakan air tawar yang hangat dan juga sabun lembut yang tidak terlalu keras.

(dno)

Loading...

Comments