Jangan Coba-coba Sentuh 4 Bagian Tubuh Sebelum Cuci Tangan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Jangan Coba-coba Sentuh 4 Bagian Tubuh Sebelum Cuci Tangan

Jangan Coba-coba Sentuh 4 Bagian Tubuh Sebelum Cuci Tangan

KEPONEWS.COM - Jangan Coba-coba Sentuh 4 Bagian Tubuh Sebelum Cuci Tangan Sewaktu kecil, Anda mungkin ingat, ibu selalu menyuruh kita rajincuci tangan untuk menjaga kebersihan pribadi. Hal ini karena tangan memang merupakan sumber penularan penyakit.Bicara soal cuci tangan,...

Sewaktu kecil, Anda mungkin ingat, ibu selalu menyuruh kita rajincuci tangan untuk menjaga kebersihan pribadi. Hal ini karena tangan memang merupakan sumber penularan penyakit.

Bicara soal cuci tangan, UNICEF telah menyatakan hari cuci tangan sedunia setiap 15 Desember. Mereka menekankan bahwa ada banyak penyakit menular yang bisa menyentuh beberapa bagian tubuh.

Lantas, bagian tubuh mana saja yang tak boleh disentuh sembarangan? Berikut ulasannya, seperti dilansir Step to Health, Selasa (20/12/2016):

1. Mata

Mata adalah salah satu indera yang paling berharga yang kita miliki. Untuk alasan itu, bisa sangat menjengkelkan bisa kita mengalami infeksi mata.

Mungkin telah menjadi kebiasaan saat seseorang meletakkan tangannya ke mata. Tapi ingat akan risiko infeksi mata.

Sekalipun Anda harus menyentuh mata karena penggunaan lensa kontak, pertimbangkan beberapa saran ini:

Mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh mata

Menggunakan kapas atau tisu jika perlu untuk mengeringkan air di mata

-Memastikan tangan bersih sebelum mengenakan atau melepas lensa kontak.

-Jangan menggosok mata Anda untuk alasan apapunkarena mata sangat sensitif

Jangan memaksakan mata di depan komputer bila sudah terasa lelah

2. Bagian intim

Bagian intim ini juga tak boleh sembarangan disentuh sebelum tangan bersih. Kesalahan yang sering wanita lakukan adalah sering mencuci bagian intim dengan sabun atau pembersih vagina. Padahal, hal ini hanya akan memicu iritasi karena sabun dan pembersih tersebut berguna bila wanita memiliki masalah kewanitaan seperti keputihan dan sebagainya.

3. Telinga

Salah satu bagian tubuh yang tidak boleh disentuh adalah bagian dalam telinga Anda. Hal ini dapat menyebabkan lesi dan seiringwaktu akan menimbulkan infeksi.

Anda harus ingat, kotoran telinga berfungsi untuk melindungi telinga.Dan bila Anda ingin membersihkan telinga,konsultasikan lebih dulu dengan otorhinolaryngologist, seorang dokter yang mengkhususkan diri di daerah itu.

Dokter akan membantu Anda menghilangkan kelebihankotoran telinga tanpa masalah dan dengan metode yang aman.

4. Wajah

Hindari menyentuh wajah Anda. Ini mungkin kebiasaan, tetapi cobalah untuk belajar menghindarinya sebisa mungkin.

Ada beberapa alasan untuk ini. Pertama, tangan membawa banyak kotoran. Ketika kotoran ini menempel pada pori-pori kulit, maka kotoran akan tersumbatdan menyebabkan jerawat dan bercak-bercak merah pada kulit.Jadi pastikan cuci tangan sebelum membersihkan wajah.

Jangan Coba-coba Sentuh 4 Bagian Tubuh Sebelum Cuci Tangan

Comments