Jangan Asal Simpan, Ini 5 Bumbu Makanan Harus Anda Waspadai

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Jangan Asal Simpan, Ini 5 Bumbu Makanan Harus Anda Waspadai

Jangan Asal Simpan, Ini 5 Bumbu Makanan Harus Anda Waspadai

KEPONEWS.COM - Jangan Asal Simpan, Ini 5 Bumbu Makanan Harus Anda Waspadai SEMUA makanan tentu mempunyai masa kadaluarsa yang harus kita perhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlepas makanan tersebut disimpan di dalam lemari pendingin, atau diletakkan...

SEMUA makanan tentu mempunyai masa kadaluarsa yang harus kita perhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlepas makanan tersebut disimpan di dalam lemari pendingin, atau diletakkan di suhu ruang, jikalau telah melewati masa kedaluarsanya, makanan itu sebaiknya tidak dikonsumsi lagi.

Dalam hal ini, salah satu jenis makanan yang sering kita abaikan ialah bumbu pelengkap atau saus cocolan. Semua orang tentu pernah menyimpan saus botolan yang telah digunakan semenjak beberapa bulan lalu, atau sisa salad dressing yang didapatkan saat memesan salad di restoran cepat saji. Namun, berapa lamakah masa simpan yang sepatutnya Kamu ketahui agar bahan makanan itu layak dikonsumsi. Simak ulasannya.

Viral Video Badai di Gunung Lawu, Kilat dan Petir Menyambar-nyambar

Saus tomat

Ada sebuah perdebatan yang mengatakan bahwa botol saus tomat yang sudah dibuka harus disimpan di dalam lemari pendingin. Isu ini sebetulnya sempat heboh di sosmed pada pertengahan tahun lalu. Menurut Heinz, kadar asam yang terkandung dalam saus tomat dapat menjaga keseimbangan rasa dan kualitas produk makanan tersebut. Namun, mereka merekomendasikan untuk menyimpan saus tomat di dalam lemari pendingin, jikalau kemasan atau tutup botolnya telah dibuka. Dengan cara ini, saus tomat bisa digunakan hingga 9-12 bulan lamanya.

Mustard

Menurut sejumlah chef profesional asal Prancis, secara teknis mustard tidak perlu didinginkan atau dimasukkan ke dalam kulkas. Namun, memasukkan mustard ke dalam kulkas dapat mempertahankan rasa dan kualitasnya. Tidak hanya itu, satu botol mustard yang belum dibuka kemasannya dapat bertahan hingga 18 bulan, bila disimpan di tempat yang sejuk.

Soy sauce

Menurut pakar masakan, menyimpan soy sauce atau Worcestershire sauce di kulkas merupakan cara yang tepat untuk menjaga kualitas dan rasanya. Ini disebabkan karena suhu udara di bumi semakin meningkat setiap tahunnya. Menyimpan bumbu tersebut di dalam kulkas dapat memperpanjang usianya hingga dua tahun lamanya, mengingat proses pengolahan soy sauce sendiri memakai teknik fermentasi.

Tampil Awet Muda, Begini Gaya Andalan Muzdalifah dengan Aneka Dress

Mayones dan salad dressing

Berapa lama mayones dan salad dressing dapat disimpan? Menurut laporan Cherry Creek Nutrition, mayones yang kemasannya telah dibuka dapat digunakan selama kurang lebih 2 bulan. Begitupula dengan salad dressing. Mengingat bumbu tersebut berbahan dasar mayones, durasi penyimpanannya kurang lebih sama dengan mayones adalah, 2 bulan. Namun, jikalau Kamu meletakkannya di dalam lemari pendingin, baik mayones dan salad dressing bisa digunakan hingga 3 bulan lamanya.

Sambal

Dr. Doug Archer dari University Florida menegaskan, sambal sebaiknya tidak disimpan lebih dari satu tahun di dalam lemari pendingin. Hal ini karena selama proses penyimpanan berlangsung, tekstur dan warna sambal akan mengalami perubahan dan muncul fleck hitam. Bila dibiarkan, fleck hitam ini akan memengaruhi bahan makanan lainnya karena ia memproduksi gas. Untuk mengakalinya, hindari menyimpan sambal dalam kurung waktu yang lama.

(ndr)

Comments