Jangan Anggap Remeh Medical Check Up, Kapan Jangka Waktu yang Tepat?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Jangan Anggap Remeh Medical Check Up, Kapan Jangka Waktu yang Tepat?

Jangan Anggap Remeh Medical Check Up, Kapan Jangka Waktu yang Tepat?

KEPONEWS.COM - Jangan Anggap Remeh Medical Check Up, Kapan Jangka Waktu yang Tepat? KESEHATAN masih menjadi suatu hal yang dianggap sepele bagi masyarakat. Banyak dari mereka yang menganggap remeh dan baru berobat ketika penyakit sudah mulai menyerang. Tentu saja kebiasaan seperti in...
Loading...

KESEHATAN masih menjadi suatu hal yang dianggap sepele bagi masyarakat. Banyak dari mereka yang menganggap remeh dan baru berobat ketika penyakit sudah mulai menyerang. Tentu saja kebiasaan seperti ini tidak benar, ada baiknya Kamu melakukan control secara rajin untuk menghindari adanya penyakit yang tidak diinginkan.

Sebagaimana pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, dengan melakukan kontrol secara rajin maka bisa mengetahui kesehatan seseorang bahkan mungkin ada penyakit yang tengah diderita. Hal ini pun dibenarkan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultasi Alergi Imunologi RS Premier, dr. Prasna Paramitha, SpPD, K-AI, FINASIM, MARS.

Ia menyarankan agar masyarakat mulai disiplin untuk hidup sehat dan waspada pada penyakit karena gaya hidup yang buruk. Salah satu cara yang paling tepat untuk diambil ialah dengan melakukan kontrol kesehatan.

Jikalau kita sudah terdeteksi mengidap darah tinggi atau diabetes maka otomatis harus rajin kontrol ke dokter, mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter, dan menjalani gaya hidup sehat. Jangan takut melakukan check-up ke dokter karena khawatir akan hasilnya. Walaupun penyakit seperti darah tinggi dan diabetes tidak bisa disembuhkan tapi bisa dikontrol dengan cara tersebut, terang dr. Prasna dalam acara Sequis, Selasa (18/6/2019).

Periksa ke dokter

Tak hanya itu, dr. Prasna menganjurkan bahwa seseorang yang telah berusia 35 tahun sebaiknya melakukan medical check-up (MCU) minimal sekali dalam satu tahun. Sementara seseorang yang berusia lebih tua adalah kisaran 50 tahun ke atas lebih disarankan melakukan MCU minimal enam bulan sekali.

Hal ini bertujuan untuk mendeteksi setiap penyakit yang kemungkinan diidap oleh sang penderita. Pasien juga jangan menunggu hingga obat rajin yang harus dikonsumsi habis baru kontol ke dokter karena beberapa penyakit seperti darah tinggi diharuskan rajin mengonsumsi obat resep dokter.

Terkait MCU, dr. Prasna juga menganjurkan seseorang untuk melakukan pemeriksaan darah secara lengkap. Beberapa diantaranya ialah pemeriksaan urin, fungsi hati, asam urat, profil lipid, elektrolit, ginjal dan kadar vitamin D.

Pemeriksaan darah lengkap sangat dianjurkan yang meliputi pemeriksaan urin, fungsi hati, asam urat, profil lipid, elektrolit, ginjal dan kadar vitamin D. Vitamin D merupakan salah satu kandungan terpenting untuk metabolism tubuh. Orang yang kekurangan vitamin D akan cenderung mengalami alergi makanan dan lingkungan, tuntas memaparkan betapa pentingnya medical check-up untuk kesehatan.

(dno)

Loading...

Comments