Jangan Anggap Remeh, 4 Gejala Ini Bisa Jadi Kanker Tiroid dan Sering Dikira Sakit Tenggorokan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Jangan Anggap Remeh, 4 Gejala Ini Bisa Jadi Kanker Tiroid dan Sering Dikira Sakit Tenggorokan

Jangan Anggap Remeh, 4 Gejala Ini Bisa Jadi Kanker Tiroid dan Sering Dikira Sakit Tenggorokan

KEPONEWS.COM - Jangan Anggap Remeh, 4 Gejala Ini Bisa Jadi Kanker Tiroid dan Sering Dikira Sakit Tenggorokan GEJALA kanker tiroid pada dasarnya sulit dikenali oleh orang awam. Sebabnya, banyak orang awam mengira bahwa penyakit ini tergolong penyakit biasa seperti sakit tenggorokan. Padahal bahayanya bisa men...

GEJALA kanker tiroid pada dasarnya sulit dikenali oleh orang awam. Sebabnya, banyak orang awam mengira bahwa penyakit ini tergolong penyakit biasa seperti sakit tenggorokan. Padahal bahayanya bisa mengancam nyawa Kamu.

Ketika seseorang menderita penyakit kanker tiroid, terjadilah pertumbuhan sel abnormal di sekitar kelenjar tiroid. Gejalanya bahkan dikira mirip penyakit flu yang sering diabaikan.

Penyakit ini jikalau diabaikan justru jadi menakutkan, sehingga harus diwaspadai. Kamu harus rajin melakukan deteksi dini untuk menghindari risiko kanker tiroid. Di samping melakukan tes ultrasonografi, Kamu juga harus mengenali gejala dari penyakit kanker tiroid ini. Berikut ulasannya, dilansir Prevention, Senin (9/7/2018).

(Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya)

Benjolan di leher

Kelenjar tiroid terletak di depan leher Kamu, tetapi kalau terserang sel kanker, benjolan bisa muncul di sekitar leher. Benjolan tersebut biasanya lama hilang, bahkan sudah menyebar ke bagian lain. Kamu harus mewaspadainya dan segera konsultasi ke dokter.

Sulit menelan

Karena benjolan di leher karena sel kanker semakin membesar dan melebar, efeknya bisa mengganggu kemampuan Kamu untuk menelan. Dalam beberapa minggu bahkan kejadian ini tidak hilang. Namun sayang, biasanya Kamu hanya tahu kalau ini salah satu tanda dari radang tenggorokan. Padahal bukan, gejala seperti itu yang lama tak hilang, bisa jadi salah satu gejala kanker tiroid yang tak boleh diabaikan.

Perubahan suara

Pita suara Kamu letaknya tepat di atas kelenjar tiriod, maka tak heran kalau terjadi pertumbuhan sel kanker Kamu mudah mengalami perubahan pita suara. Hal ini bisa membuat suara Kamu mendadak serak, tapi sayang banyak orang yang mengira itu cuma gejala sakit tenggorokan.

(5 Model Cantik Terkaya di Dunia)

Sulit bicara, makan, atau bernapas

Gejala-gejala ini mungkin tidak akan terjadi kecuali pertumbuhan sel kanker sudah sangat lanjut. Keluhan sulit makan, tidak bisa bicara, bahkan pasiennya bisa mengalami gangguan pernapasan pula. Untuk mewaspadai, segeralah cek ke dokter untuk memastikan jenis penyakitnya. Jangan cuma mengira itu jadi gejala penyakit biasa yang malah mengancam nyawa.

(dno)

Comments