Jamur Ini Punya Rasa seperti Daging Lobster Loh!

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Jamur Ini Punya Rasa seperti Daging Lobster Loh!

Jamur Ini Punya Rasa seperti Daging Lobster Loh!

KEPONEWS.COM - Jamur Ini Punya Rasa seperti Daging Lobster Loh! SETIAP makanan mempunyai aroma yang berbeda-beda dan khas. Misalnya durian. Meski menyuguhkan aroma yang sangat menyengat, buah ini cukup digemari oleh para pencinta masakan terutama yang tinggal di d...

SETIAP makanan mempunyai aroma yang berbeda-beda dan khas. Misalnya durian. Meski menyuguhkan aroma yang sangat menyengat, buah ini cukup digemari oleh para pencinta masakan terutama yang tinggal di daerah Asia Tenggara.

Nah, berbicara soal aroma makanan, ternyata ada beberapa jenis makanan yang mempunyai bau atau aroma yang nyaris sama. Seperti produk jamur langka yang berasal dari hutan di daerah Amerika Utara.

Apa keunikan makanan ini? Sebagai gambaran awal, pernahkah Kamu menyantap jamur namun aroma yang keluar justru menyerupai aroma daging lobster? Berkat keunikannya itulah jamur tersebut diberi nama, lobster mushroom.

Punya Tali Tambang Menganggur? Manfaatkan untuk Bentuk Badan Kamu Berotot!

Jamur rasa Lobster (Mushroom collecting)

Dilansir Okezone dari Foodbeast, Rabu (10/10/2018), lobster jamur sebetulnya merupakan jamur hutan biasa, namun ditumbuhi parasit yang mengubah bentuk dan warnanya menjadi kemerah-merahan. Sekilas terlihat seperti krustasea yang dimasak.

Parasit itu juga mengubah rasa dan aroma jamur menjadi seperti makanan laut. Tak heran jikalau sebagian restoran memakai lobster mushroom sebagai pengganti alami lobster atau udang dalam beberapa hidangan.

Kamu mungkin saja menemukannya pada olahan shrimp cocktail yang disajikan oleh restoran bintang 5 di Hollywood. Penemuman ini tentu menarik untuk dikembangkan dan dieksplorasi lebih jauh, mengingat sudah banyak ilmuwan yang berlomba-lomba melakukan eksperimen demi menciptakan tanaman yang mempunyai rasa seperti daging.

Bukan Kelainan, Ini yang Sebenarnya Terjadi Pada Indera pendengaran Khabib Nurmagomedov yang Bentuknya Aneh

lobster mushroom (swallow tail)

Di Indonesia sendiri, ternyata ada banyak jenis jamur langka yang belum diketahui oleh orang awam. Sebut saja tiger mushroom yang berasal dari Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Untuk mendapatkan jamur ini, penduduk harus bekerja sama dengan babi hutan, karena hanya hewan inilah yang dapat mendeteksi keberadaan tiger mushroom.

"Jamur ini harganya bisa mencapai Rp5 juta per kilo. Kenapa bisa mahal? Karena dari rasa dan silsilahnya mirip dengan jamur truffle. Selain itu, jamur ini hanya bisa dicium oleh babi, karena ia tumbuh 6 cm dari permukaan tanah, ujar Chef Ragil kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Selain tiger mushroom, Indonesia ternyata juga mempunyai beberapa jenis jamur unik lainnya, seperti jamur kulat pelawan dari Bangka. Sesuai dengan namanya, jamur yang berasal dari Pulau Bangka itu, tumbuh di dekat pohon Pelawan. Warnanya sendiri cenderung berbeda dengan jamur kebanyakan, karena mempunyai warna merah muda yang khas.

Ingin Santapan Gurih untuk Nanti Malam? Coba Resep Ayam Mun dan Pempek Rebus Ini

Menurut Chef Ragil, jamur pelawan termasuk tumbuhan yang langka karena hanya tumbuh dua kali dalam setahun. Selain itu, proses pertumbuhannya sendiri harus dipicu dari sambaran petir dan unsur-unsur yang turun bersama air hujan.

Unsur-unsur itulah yang kemudian membasahi pohon pelawan. Nah, jikalau keesokan harinya ada matahari, jamur pun akan mulai tumbuh. Bahkan di Pulau Bangka itu ada hutan khusus yang didedikasikan untuk jamur pelawan, tukas pria yang gemar blusukkan ke daerah-daerah terpencil di Indonesia itu.

(rzy)


Loading...

Comments