Jalankan Android, Smartphone Ini Bangkitkan Nokia Communicator

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Jalankan Android, Smartphone Ini Bangkitkan Nokia Communicator

Jalankan Android, Smartphone Ini Bangkitkan Nokia Communicator

KEPONEWS.COM - Jalankan Android, Smartphone Ini Bangkitkan Nokia Communicator Cosmos Communicator. (Planet Computers) Masih ingat dengan Nokia Communicator yang melegenda itu? Kini ada smartphone baru yang coba bangkitkan ponsel usaha yang ikonik dari Nokia tersebut. Ialah Cos...

Cosmos Communicator. (Planet Computers)

Masih ingat dengan Nokia Communicator yang melegenda itu? Kini ada smartphone baru yang coba bangkitkan ponsel usaha yang ikonik dari Nokia tersebut.

Ialah Cosmos Communicator, sebuah smartphone Android yang mengusung konsep komputer saku mirip ponsel Nokia Communicator.

Proyek Cosmos Communicator ini mulai dipromosikan melalui crowdfunding Indiegogo. Dari situs ini juga kamu bisa mendukungnya.

Cosmos Communicator ini juga mendapatkan penghargaan Innovation Awards di Consumer Electronics Show (CES) 2019 ini. Di CES 2019 pula, produk ini menarik perhatian banyak orang.

Lalu apa itu Cosmos Communicator? Apakah smartphone, laptop, komputer saku, atau Nokia Communicator dalam wujud baru?

Cosmos Communicator dan Nokia Communicator. Cosmos Communicator dan Nokia Communicator.

Cosmos Communicator ialah perangkat mobile yang dikembangkan Planet Computers, perusahaan berbasis di London, Inggris.

Perangkat ini berkemampuan lebih dari sekadar smartphone dan mempunyai desain clamshells dengan keyboard QWERTY fisik. Konsep serupa seperti ponsel Nokia Communicator.

Menurut halaman di Indigogo, Cosmos Communicator bisa menjalankan sistem operasi Android 9 Pie, Sailfish, dan beberapa varian Linux.

Cosmos Communicator. (Planet Computers)Cosmos Communicator. (Planet Computers)

Cosmos Communicator ini juga bisa disebut sebagai smartphone. Karena menyokong jaringan seperti layaknya ponsel namun punya kemampuan komputing tinggi.

Smartphone ini mengusung dua buah layar. Yang pertama ada di bagian luarnya berukuran 1 inci untuk memberikan berita sekilas seperti notifikasi.

Lalu bagian dalamnya, mempunyai layar touchscreen berukuran 6 inci. Layar ini mengusung resolusi 2160 x 1080 piksel dengan kerapatan 403 ppi.

Cosmos Communicator. (Planet Computers)Cosmos Communicator. (Planet Computers)

Sayangnya layar beraspek rasio 18:9 ini tidak diketahui tipe panel yang diusungnya. Sedangkan layar bagian luar memakai panel AMOLED dengan resolusi 570 x 240 piksel dengan kerapatan 300 ppi.

Untuk dapur pacu, Cosmos Communicator mengusung chipset MediaTek Helio P70 yang berisikan CPU octa core 2.0 GHz dan GPU Mali G72 MP3 800 MHz.

Chipset ini dipasangkan dengan RAM 6 GB dan internal memori 128. Jikalau kurang, masih tersedia slot microSD di Cosmos Communicator ini.

Cosmos Communicator. (Planet Computers)Cosmos Communicator. (Planet Computers)

Cosmos Communicator ini mempunyai dua buah port USB type-C. Port ini menyokong HDMI out lewat adapter dan OTG.

Smartphone dengan keyboard QWERTY fisik ini mempunyai baterai berkapasitas 4.220 mAh. Sayang tidak diketahui apakah menyokong fast charging.

Dari sisi konektivitas, Cosmos Communicator menyokong jaringan 4G LTE, WiFi 802.11a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, NFC, dan FM Radio.

Cosmos Communicator. (Planet Computers)Cosmos Communicator. (Planet Computers)

Cosmos Communicator juga dilengkapi dua buah kamera. Di bagian luar ada kamera 24 MP, dan di bagian dalam ada 5 MP.

Smartphone ini memang belum resmi di pasarkan baru ada prototipe. Karena Planet Computers sedang menggalang dari melalui Indiegogo.

Cosmos Communicator telah dipromosikan di Indigogo semenjak 6 Desember 2018. Dan di Awal Januari 2019 ini telah berhasil menggalang dana 1.076.200 dolar AS atau sebesar Rp 15,1 miliar.

Berapa harga Cosmos Communicator ini nanti? Dilansir dari XDA Developers, reinkarnasi Nokia Communicator akan dihargai 799 dolar AS atau sebesar Rp 11 jutaan.

Rencananya, Cosmos Communicator baru akan dirilis pada Juni 2019. Kalau berminat, bisa jadi menyokong lewat Indiegogo atau mending menunggu saja sampai rilis.

Apakah Cosmos Communicator ini bisa bangkitkan kembali era keemasan Nokia Communicator dulu? Tunggu saja sampai barangnya dirilis.

Comments