Jalan-Jalan ke Yogyakarta, Jangan Lupa Nikmati Eksotisme Candi Plaosan

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Jalan-Jalan ke Yogyakarta, Jangan Lupa Nikmati Eksotisme Candi Plaosan

Jalan-Jalan ke Yogyakarta, Jangan Lupa Nikmati Eksotisme Candi Plaosan

KEPONEWS.COM - Jalan-Jalan ke Yogyakarta, Jangan Lupa Nikmati Eksotisme Candi Plaosan Jalan-jalan ke Yogyakarta, jangan lupa berkunjung ke banyak sekali candi yang eksotis dan indah. Di dekat komplek Candi Prambanan yang beraliran Hindhu, ada beberapa candi Buddha juga. Salah satunya i...

Jalan-jalan ke Yogyakarta, jangan lupa berkunjung ke banyak sekali candi yang eksotis dan indah. Di dekat komplek Candi Prambanan yang beraliran Hindhu, ada beberapa candi Buddha juga.

Salah satunya ialah Candi Plaosan. Candi ini dibangun sebagai bukti ikatan cinta raja Hindhu Rakai Pikatan kepada permasurinya yang beragama Buddha.

Berjarak 1 kilometer dari Candi Prambanan yang tersohor, Candi Plaosan berdiri kokoh di tengah hamparan sawah yang menghijau. Di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah inilah kedua candi Plaosan berdiri kokoh semenjak abad ke-9.

Candi Plaosan

Terdiri dari 2 candi utama yang sangat mirip, Candi Plaosan juga kerap disebut sebagai candi kembar.

Meski dibangun dengan arsitektur Hindhu yang kental, Candi Plaosan sejatinya merupakan candi Buddha. Candi ini dibangun oleh raja Rakai Pikatan dari dinasti Sanjaya yang beragama Hindhu untuk permaisurinya Pramodyawardhani dari dinasti Syailendra yang beragama Buddha.

Pesona 5 Ratu Sinetron Era 90-an, Masih Secantik Dulu Lho!

Selain kerap disebut sebagai candi kembar, kedua candi Plaosan juga disebut sebagai candi Plaosan Lor (utara) dan candi Plaosan Kidul (selatan). Keduanya mempunyai tinggi yang sama, 21 meter, sama-sama dijaga patung Dwarapala, dan mempunyai halaman di tengah.

Selanjutnya

Comments