Jalan-Jalan ke Old Bazaar Skopje yang Terbesar dan Tertua di Balkan

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Jalan-Jalan ke Old Bazaar Skopje yang Terbesar dan Tertua di Balkan

Jalan-Jalan ke Old Bazaar Skopje yang Terbesar dan Tertua di Balkan

KEPONEWS.COM - Jalan-Jalan ke Old Bazaar Skopje yang Terbesar dan Tertua di Balkan WARISAN budaya Turki yang kental dengan nuansa Islami masih bisa ditemukan di beberapa negara Eropa. Salah satunya ialah Old Bazaar atau pasar tua di Skopje, ibu kota Macedonia Utara. Old Bazaar Skopj...

WARISAN budaya Turki yang kental dengan nuansa Islami masih bisa ditemukan di beberapa negara Eropa. Salah satunya ialah Old Bazaar atau pasar tua di Skopje, ibu kota Macedonia Utara.

Old Bazaar Skopje merupakan bazaar tertua dan terbesar di daerah Balkan, sekaligus menjadi salah satu landmark Kota Skopje.

Bazar biasanya lazim ditemukan di negara-negara Timur Tengah, Afrika Utara, dan Turki. Sedangkan di Eropa, bazar bisa ditemukan di negara-negara yang dulunya menjadi bagian dari Kekaisaran Utsmaniyah Turki.

Old Bazaar atau Pasar Tua Skopje telah ada semenjak abad 12. Meski kini Macedonia Utara telah menjadi negara sendiri, Old Bazaar tetap dipertahankan dan menjadi magnet penarik turis.

Di Old Bazaar Skopje berjajar toko-toko yang menunjukkan kerajinan tangan khas Turki seperti keramik dan karpet, toko suvenir, restoran makanan Turki dan Albania, kedai dessert khas Turki baklava, serta kedai kopi dan teh.

Old Bazaar Skopje di Macedonia Utara. (Foto: Istimewa)

Bila Kamu memesan kopi di salah satu kedai, kopinya pun disajikan ala kopi Turki, yaitu dengan nampan tembaga dan terdiri dari tiga wadah yang terbuat dari tembaga. Di sepanjang jalan kecil berbatu juga ada beberapa masjid dan tiga hamam.

Suasana di Old Bazaar Skopje pun terasa seperti di negara Muslim di mana tak jarang ada warga lokal yang berhijab tengah melintas.

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di Old Bazaar Skopje merupakan Masjid Mustafa Pasha. Masjid yang berada di atas bukit ini dikelilingi oleh kebun mawar yang menawan dan menunjukkan pemandangan Old Bazaar dari atas.

Masjidnya sendiri dibangun dengan gaya Utsmaniyah Turki dengan ciri khas kubah bulat dan minaret berujung runcing yang dibangun dengan batu kapur.

Selanjutnya

Comments