Jaga Tubuh Tetap Sehat, Ini Tips Aman Berolahraga saat Pandemi Covid-19

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Jaga Tubuh Tetap Sehat, Ini Tips Aman Berolahraga saat Pandemi Covid-19

Jaga Tubuh Tetap Sehat, Ini Tips Aman Berolahraga saat Pandemi Covid-19

KEPONEWS.COM - Jaga Tubuh Tetap Sehat, Ini Tips Aman Berolahraga saat Pandemi Covid-19 Meskipun pandemi Covid-19 masih melanda di dunia, termasuk di Indonesia, Kamu tetap bisa menjaga kebugaran atau menjaga kesehatan dengan cara berolahraga. Ada banyak alasan mengapa Kamu harus olahrag...

Meskipun pandemi Covid-19 masih melanda di dunia, termasuk di Indonesia, Kamu tetap bisa menjaga kebugaran atau menjaga kesehatan dengan cara berolahraga.

Ada banyak alasan mengapa Kamu harus olahraga. Mulai dari pengurangan lemak tubuh, penguatan tulang, peningkatan stamina dan fleksibilitas menjadi beberapa alasan mengapa Kamu harus berolahraga.

Di sisi lain, olahraga bisa mengendalikan berat badan, memungkinkan Kamu mendapatkan kepuasan mengembangkan kebugaran dan keterampilan.

Olahraga dapat membantu melawan depresi dan kecemasan. Banyak olahraga dapat membantu meningkatkan stamina dan konsentrasi. Namun adanya pandemi Covid-19 mengubah banyak hal, termasuk kegiatan olahraga. Karenanya, agar aman dan terhindar dari penularan virus corona baru, dokter menyarankan masyarakat untuk memperhatikan beberapa hal saat olahraga di tengah pandemi.

"Ada hubungan antara olahraga dan imunitas. Di mana kurang gerak bisa berisiko tinggi terkena virus. Sementara intensitas olahraga yang cukup itu akan menaikkan imunitas. Jadi olahraga itu pada dasarnya banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan," kata Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Dr Andi Kurniawan, Sp.Ko kepada SINDOnews beberapa waktu lalu.

Berikut tips aman olahraga di tengah pandemi Covid-19.

1. Olahraga di rumah dan dalam keadaan sehat

Olahraga di tempat umum dan berkelompok hingga saat ini belum direkomendasikan karena berisiko tinggi menjadi sumber penularan Covid-19. Dr Andi memaparkan, idealnya olahraga direkomendasikan sendiri di rumah atau olahraga di luar, tetapi sendiri atau bersama anggota keluarga saja dengan tetap memakai perlindungan.

"Karena saat pandemi yang bisa kita percaya itu anggota keluarga yang bebas dari corona. Tapi orang lain, anggota komunitas, itu ibaratnya masih jangan terlalu percaya. Kita nggak tahu kesehatan mereka seperti apa," jelas Dr Andi.

2. Berolahraga pada kondisi tubuh sehat dan fit

Pada saat tidak sehat atau kurang enak badan, pastikan tidak memaksakan diri untuk olahraga. Dr Andi menyarankan olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh.

Anda tetap bisa menjaga kebugaran atau menjaga kesehatan dengan cara berolahraga.

6 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan, Yuk Disimak

Comments