Jaga Kedaulatan NKRI, Drone Elang Hitam Dilengkapi Sistem Persenjataan

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Jaga Kedaulatan NKRI, Drone Elang Hitam Dilengkapi Sistem Persenjataan

Jaga Kedaulatan NKRI, Drone Elang Hitam Dilengkapi Sistem Persenjataan

KEPONEWS.COM - Jaga Kedaulatan NKRI, Drone Elang Hitam Dilengkapi Sistem Persenjataan JAKARTA - Ancaman militer maupun non militer berupa pelanggaran batas wilayah perbatasan, terorisme, dan separatisme kerap terjadi karena kurangnya antisipasi. Oleh karena itu, kebutuhan akan PUNA MAL...
Loading...

JAKARTA - Ancaman militer maupun non militer berupa pelanggaran batas wilayah perbatasan, terorisme, dan separatisme kerap terjadi karena kurangnya antisipasi. Oleh karena itu, kebutuhan akan PUNA MALE Kombatan sangat diharapkan dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza mengungkapkan, percepatan pembuatan MALE Kombatan ini dilakukan dengan melengkapi desain Drone Elang Hitam (EH-1), dengan sistem persenjataan, menjadi desain PUNA MALE Kombatan EH-4 dan EH-5.

"Awalnya program PUNA MALE Kombatan EH-4 dan EH-5, sasaran pengembangan tersertifikasi di Tahun 2024, dan EH-1, EH-2, EH-3, merupakan pengembangan di tahun 2020-2022," kata Hammam.

Ia mengatakan, dengan persetujuan Presiden Joko Widodo pada Ratas, maka Drone Elang Hitam Kombatan EH-4 dan EH-5 akan dikembangkan pada 2020-2022 juga bersama dengan EH-1,2,3.

"Di sinilah terjadi percepatan pengembangan, sehingga tahun 2022 kita akan miliki 5 drone yang karya anak bangsa, yang setara Drone CH-4 buatan RRC," papar Hammam.

Pesawat tanpa awak Elang Hitam dirinci Hammam, dirancang juga dapat berfungsi sebagai pesawat PUNA MALE ISTAR, adalah dapat digunakan untuk misi intel atau spionase, pengawasan, mengakuisisi sasaran, serta mengumpulkan berita terkait targetnya.

"Jadi Drone Elang Hitam juga dilengkapi fungsi ISTAR, yaitu Intelligence, Surveillance, Sasaran Acquisition and Reconnaissance, dan weapon system atau sistem persenjataan," ujarnya.

PUNA MALE Kombatan diperlukan dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Selanjutnya

Comments