Jadi YouTuber Bukan Berarti Kamu Bisa Langsung Tajir, Syarat Dapet Duitnya Banyak Banget!

Trending

Fun / Trending

Jadi YouTuber Bukan Berarti Kamu Bisa Langsung Tajir, Syarat Dapet Duitnya Banyak Banget!

Jadi YouTuber Bukan Berarti Kamu Bisa Langsung Tajir, Syarat Dapet Duitnya Banyak Banget!

KEPONEWS.COM - Jadi YouTuber Bukan Berarti Kamu Bisa Langsung Tajir, Syarat Dapet Duitnya Banyak Banget! Kalo kamu nanya impian anak sekolah jaman sekarang, pasti bukan lagi dokter atau pilot. Tapi Youtuber. Anak milenial emang udah bergantung banget sama Youtube sebagai sumber hiburan utamanya. Udah jar...

Kalo kamu nanya impian anak sekolah jaman sekarang, pasti bukan lagi dokter atau pilot. Tapi Youtuber. Anak milenial emang udah bergantung banget sama Youtube sebagai sumber hiburan utamanya. Udah jarang lah yang nonton kartun di TV atau baca majalan Bobo buat sekedar nyari hal-hal seru. Di Youtube udah ada, komplit semuanya.

Dunia Youtube dengan segala ke-keren-an dan ke-gaul-annya, bikin mereka terpana. Dan begitu liat juga gimana gaya hidup Youtuber, betapa mereka bisa dengan mudah jalan-jalan sana-sini, beli kamera baru, banyak endorsan, dan kayaknya hidupnya enak banget cuma modal kamera, software ngedit video sama koneksi internet yang mumpuni, langsung bisa dapet duit dari Youtube.

Emang iya? Bisa semudah itu dapet duit dari Youtube?

Ternyata enggak! Karena lumayan banyak juga syaratnya.

1. Kamu harus punya video dengan 10.000 views

Jadi dalam channel kamu itu, kamu harus punya setidaknya satu video yang udah mencapai 10.000 views sepanjang umur channel kamu hidup. Setelah itu, baru deh kamu bisa me-monetize channel kamu, alias kamu bisa dapet duit dari situ.

Tapi ini peraturan baru-baru ini sih, jadi kalo kamu udahmonetize channel sebelum peraturan ini rilis dan sampe sekarang kamu belum punya video yang lebih dari 10.000 views, selamat, kamu tetep bisa monetize.

2. Harus nunggu approval biar channel kamu bisa di-monetize

Udah gitu, supaya channel kamu bisa langsung menghasilkan uang itu gak semudah kamu jajan ke indomared. Kamu harus punya akun AdSense dulu, dan biasanya Youtube akan mereview apakah channel kamu pantas atau tidak untuk diizinkanmonetize. Proses nunggunya juga bisa sampe seminggu sampe kamu dapet email balasan kalo kamu bisa mulai mencari nafkah dari Youtube.

3. Gak sembarang video bisa kamu monetize

Lagi juga, gak sembarang video bisa kamu nyalain monetize-nya. Syaratnya:

Gak boleh jiplak alias harus original content Gak boleh pake video/audio/grafis milik orang lain tanpa izin Gak boleh melanggarcommunity guidelines; gak boleh SARA, gak boleh spam, gak boleh porno, gak boleh ada gambar berbau kekejaman, gak boleh mengancam orang lain, dan masih banyak lagi yang bisa kamu cari tau sendiri di sini, dan di sini untuk ketentuan yang ditetapkan oleh AdSense.

Jadi kontennya bener-bener harus bikinan kamu dan kamu yang edit sendiri. Kalo mau pake konten orang lain kayak lagu atau gambar atau meme atau potongan video, kamu harus minta izin dulu sama yang punya. Kalo enggak pake izin terus taunya yang punya konten merasa keberatan dan minta video kamu diturunin, kamu harus bersedia.

4. Tapi kamu bukan dapet duit dari view videonya juga

Jadi yang diitung itu ialah iklannya. Ketika kamu setuju untukmonetize channel, ketika itu juga kamu mengizinkan untuk ada iklan yang dipasang di video kamu. Jadi kamu baru dibayar kalo orang-orang klik si iklannyadan kemudian masuk ke website pengiklan atau misal fan page Facebook mereka, dan atau nonton iklannya selama setidaknya 30 detik, atau sampai habis iklannya. Jadi ibaratnya, meskipun view videonya udah 100k pun tapi gak ada yang nonton iklannya, ya kamu gak dapet uang.

5. Kalo pun dapet uang, gak sesederhana 1.000 views langsung dapet $3

Jadi istilah US$ 3 tiap 1.000 views itu gak sesederhana itu. Istilah itu dibuat supaya gampang dipahami sama orang awam aja. Bayangkan, yang pake Youtube itu kan buanyak banget, mulai dari first world countrysampe third world country, semua bisa punya channel selama ada kemauan dan koneksi internet tentunya. Makanya biar pada paham, disederhanakan jadi kayak gitu. Padahal gak juga, itu tergantung dari iklan yang udah disebut di atas. Dan lagi juga gak bisa kamu ambil setiap bulan gitu, kamu harus punya akun keuangan internasional supaya uangnya bisa ditransfer ke situ, dan juga, uangnya baru cair setelah kamu mencapai US$100.

6. Subtitle itu penting!

Kalo video dari Indonesia dengan berbahasa Indonesia dan yang nontonnya hanya dari Indonesia, ya duitnya gak sebanyak mereka yang videonya ditonton dari seluruh dunia. Makanya penting untuk bikin channel yang pake bahasa Inggris, atau, setidaknya ada subtitle-nya, supaya bisa dapet keuntungan dari penonton di luar negeri juga. Banyak juga kan tuh video dari Amerika yang meski udah berbahasa Inggris, tetep pake subtitle. Itu tujuannya supayamass, dan biar seluruh dunia yang gaknative berbahasa Inggris bisa ngerti apa yang lagi diomongin. Kalo kamu udah terlanjur upload video gak dipakein hard sub alias subtitle yang nempel di videonya, kamu bisa edit si video di Youtube dan menambahkan subtitle di sana. Ntar orang-orang tinggal aktivin tombol CC-nya deh supaya subtitlenya keluar.

Oleh karena itu, Youtuber yang sekarang udah terkenal dan dapet banyak uang itu sebenernya bukan semata-mata "artis dadakan yang gak pantes dibilang artis yang gak ngapa-ngapain tapi tetep dapet duit", mereka itu ngapa-ngapain, cuma ya gak keliatan aja sama orang awam.

Jadi, kamu masih mau gak jadi Youtuber?

Comments