Jadi Makin Maksimal, Ini Tips Untuk Pengguna iPhone Storage Kecil

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Jadi Makin Maksimal, Ini Tips Untuk Pengguna iPhone Storage Kecil

Jadi Makin Maksimal, Ini Tips Untuk Pengguna iPhone Storage Kecil

KEPONEWS.COM - Jadi Makin Maksimal, Ini Tips Untuk Pengguna iPhone Storage Kecil Ilustrasi iPhone. (pixabay/Free-Photos) Dibandingkan dengan Android, iPhone justru muncul dengan software yang lebih sedikit dan banyak sekali keterbatasan lainnya. Padahal perangkat ini dibanderol d...

Ilustrasi iPhone. (pixabay/Free-Photos)

Dibandingkan dengan Android, iPhone justru muncul dengan software yang lebih sedikit dan banyak sekali keterbatasan lainnya. Padahal perangkat ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Kalau vendor lainnya berlomba-lomba untuk merilis smartphone dengan kapasitas memori yang besar dan harga yang murah, iPhone tetap konsisten dengan pilihan kapasitas memori dan harga yang mahal.

Salah satu hal yang sering menjadi kelemahan iPhone ialah storage kecil yang dibawanya. Keadaan makin parah dengan keputusan Apple untuk tidak menyokong adanya slot extension storage pada perangkatnya.

Keputusan Apple ini demi faktor keamanan. Kehadiran slot memori eksternal ini dirasa akan membuat perangkat menjadi lebih rentan.

Menangani keterbatasan storage di iPhone, pihak Apple memutuskan untuk memberikan banyak sekali varian storage. Dari 16 GB hingga 256 GB.

Varian ini membuat para calon pembeli dapat lebih leluasa mengambil keputusan iPhone dengan varian apa yang harus ia beli sesuai kebutuhannya.

Jikalau kamu terpaksa mempunyai iPhone dengan kapasitas kecil seperti 16 GB, berikut beberapa tips untuk memaksimalkan storage kecil kamu.

1. Sering melakukan maintenance

Ilustrasi iPhone. (pixabay/stokpic)Ilustrasi iPhone. (pixabay/stokpic)

Pengguna iPhone dengan kapasitas 16 GB wajib untuk melakukan maintenance secara terencana bila tidak ingin kehabisan memori internal.

Melakukan maintenance bisa dilakukan dengan mencari tahu software apa saja yang sering menguras memori.

Caranya, masuk ke Settings lalu General dan pilih Storage. Maka iPhone akan secara otomatis menampilkan banyak sekali software yang cukup memakan memori.

2. Manfaatkan Cloud

Ilustrasi iPhone. (pixabay/Pexels)Ilustrasi iPhone. (pixabay/Pexels)

Foto dan video di iPhone sering kali menjadi penyebab storage semakin kecil. Bila kamu tidak punya waktu untuk selalu melakukan back-up di komputer, kamu bisa memanfaatkan software cloud service.

iPhone memberikan kapasitas cloud sebesar 5 GB secara gratis untuk penggunanya. Kapasitas 5 GB ini bisa kamu upgrade sesuai dengan kebutuhanmu, tentunya kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya agar bisa melakukan upgrade.

3. Manfaatkan software streaming music

Ilustrasi iPhone. (pixabay/Pexels)Ilustrasi iPhone. (pixabay/Pexels)

Di iPhone, kamu bisa memakai software Apple Music agar bisa mendengarkan lagu favoritmu. Memakai Apple Music tentu akan menambah konsumsi memori di iPhone dan membuatmu harus sedikit mengeluarkan biaya agar bisa mendengarkan musik favoritmu.

Sekarang ini, kamu bisa memakai banyak sekali software streaming music yang tidak memakan banyak kuota maupun kapasitas memori.

Beberapa software streaming music yang bisa kamu gunakan seperti Joox dan Spotify.

4. Jangan terlalu banyak menginstal software

Ilustrasi iPhone. (pixabay/Pexels)Ilustrasi iPhone. (pixabay/Pexels)

Bila kamu mempunyai kebiasaan menginstal banyak software yang tidak terlalu penting di smartphone, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena tentu akan memakan banyak kapasitas memori yang tersedia.

Punya iPhone storage kecil juga perlu didampingi dengan sifat bijak dalam melakukan instal software.

Jangan sampai storage kecil di iPhone kamu terpakai percuma.

5. Offload software

Ilustrasi iPhone. (pixabay/6689062)Ilustrasi iPhone. (pixabay/6689062)

Solusi terakhir yang sekaligus menjadi jawaban dari masalah nomor 4. Bila kamu tidak ingin menghapus software yang sudah diinstal, kamu bisa memilih memakai fasilitas Offload.

Offload akan mendeteksi software mana saja yang kamu tidak gunakan dan menghapus software tersebut.

Tenang saja, seluruh data di software tersebut masih tersimpan rapi kok saat kamu membutuhkannya. Yang perlu kamu lakukan merupakan menginstal kembali software yang sudah kamu lakukan Offload tersebut.

Gimana? Tertarik mencoba beberapa tips di atas agar iPhone storage kecil milikmu bisa dimaksimalkan?


Loading...

Comments