Jadi Kuliner yang Dicintai Masyarakat Luas, Ternyata Begini Sejarah Ayam Geprek Pertama di Indonesia

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Jadi Kuliner yang Dicintai Masyarakat Luas, Ternyata Begini Sejarah Ayam Geprek Pertama di Indonesia

Jadi Kuliner yang Dicintai Masyarakat Luas, Ternyata Begini Sejarah Ayam Geprek Pertama di Indonesia

KEPONEWS.COM - Jadi Kuliner yang Dicintai Masyarakat Luas, Ternyata Begini Sejarah Ayam Geprek Pertama di Indonesia Ayam geprek menjadi makanan yang tengah naik daun belakang. Makanan yang banyak digandrungi karena cita rasa pedas gurih dan harga terjangkau ini rupanya berawal dari sebuah warung makan di Yogyakarta...

Ayam geprek menjadi makanan yang tengah naik daun belakang. Makanan yang banyak digandrungi karena cita rasa pedas gurih dan harga terjangkau ini rupanya berawal dari sebuah warung makan di Yogyakarta, lho.

Akun Twitter @txtdrkuliner membagikan serangkaian sejarah ayam geprek yang pertama kali ada di Indonesia. Rupanya, pelopor ayam geprek di Indonesia ialah Bu Ruminah atau yang lebih dikenal dengan Bu Rum.

Di tahun 2003, Bu Rum sudah mulai berjualan makanan di Yogyakarta, namun belum ada menu ayam geprek. Saat itu ia berjualan lotek, soto, sayur seta ayam goreng tepung.

Suatu hari, ada pembeli yang meminta dibuatkan sambal bawang saat itu. Tanpa disangka, sambal bawang buatan Bu Rum sangat nikmat hingga para pembeli memintanya dicampurkan dengan ayam goreng tepung.

Tau Permainan Hula Hoop? Ini Sejarahnya Hingga Dipatenkan

Ayam goreng tepung itu dicampurkan dengan sambal bawang dengan cara dipukul sampai hancur secara bersamaan. Rupanya, rasanya sangat nikmat dan menu ini mulai tersebar dari mulut ke mulut.

Sejarah ayam geprek (TikTok @txtdrkuliner)Sejarah ayam geprek (TikTok @txtdrkuliner)

Orang-orang pun memberi nama makanan ini dengan beragam istilah seperti ayam gejrot, bejek, gepuk, pukul, dan lainnya. Pada akhirnya, Bu Rum kemudian memutuskan memberi nama ayam geprek karena belum pernah ada sebelumnya.

Begitulah awal mula adanya Ayam Geprek Bu Rum. Hingga kini masakan ayam geprek dengan beragam merek tersebar di hampir seluruh Indonesia.

Ayam Geprek Bu Rum mempunyai cita rasa yang khas dan dilengkapi dengan beragam menu sayuran segar. Pembeli bisa membeli sayur sop, oseng, lodeh, dan lainnya.

Selain itu harga Ayam Geprek Bu Rum pun sangat bersahabat dengan kantong sehingga menjadi makanan favorit banyak mahasiswa dan anak sekolah.

Aura Pemimpin Timothee Chalamet sebagai Raja Henry V dalam Film The King

Hingga saat ini Ayam Geprek Bu Rum sudah mempunyai 5 gerai yang tersebar di Yogyakarta. Gerai tersebut di antaranya di daerah Moses, dekat Lembah UGM, Resto PKL, Jalan Perumnas, dan daerah Pringwulung.

Comments