Jadi favorit banyak orang, ini cara mudah bikin batagor khas Bandung

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Jadi favorit banyak orang, ini cara mudah bikin batagor khas Bandung

Jadi favorit banyak orang, ini cara mudah bikin batagor khas Bandung

KEPONEWS.COM - Jadi favorit banyak orang, ini cara mudah bikin batagor khas Bandung Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang juga dikenal sebagai surga masakan. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya ragam masakan khas Bandung yang digemari banyak orang. Salah satu ma...

Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang juga dikenal sebagai surga masakan. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya ragam masakan khas Bandung yang digemari banyak orang.

Salah satu masakan khas Bandung yang menjadi favorit dan dicari banyak orang ialah batagor. Nikmatnya jajanan yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia ini dapat ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Batagor sendiri merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Biasanya jajanan ini akan disajikan dengan bumbu kacang, kecap dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap. Gurih dan renyahnya batagor dijamin siap menggoyang lidahmu.

Nah dari pada cuma bisa ngiler ngebayanginnya, coba bikin batagor sendiri di rumah yuk! Berikut resep dan cara mudah membuatnya yang dilansir dari cookpad.com, Selasa (3/7).

Bahan batagor:
1. 1 bungkus tahu cokelat
2. Kulit pangsit secukupnya
3. 100 gr tepung terigu
4. 50 gr tepung sagu atau tapioka
5. 1 siung bawang putih
6. 1 batang daun bawang
7. Lada bubuk secukupnya
8. Gula, garam dan air secukupnya

Bahan bumbu kacang:
1. Segenggam kacang tanah
2. 3 buah cabai merah, bisa menyesuaikan dengan selera
3. 2 siung bawang putih
4. Sedikit kecap
5. Terasi dan gula merah secukupnya

Bahan pelengkap:
1. Jeruk limo secukupnya
2. Saus cabai dan kecap secukupnya

Cara membuat:

1. Cuci dan bersihkan tahu, robek bagian tengahnya. Lalu siapkan juga kulit pangsit. Sisihkan.

2. Buat adonan batagor, campur semua tepung terigu, tepung sagu atau tapioka, lalu masukkan bumbu halus, irisan daun bawang, gula, garam dan air. Aduk hingga merata. Atur kekentalannya jangan sampai terlalu encer.

3. Masukkan adonan batagor ke tahu yang sudah dirobek dan kulit pangsit. Ulangi terus sampai adonan habis. Kemudian goreng hingga matang.

4. Buat saus kacang, goreng semua bahan dan haluskan. Lalu masak dengan api kecil kemudian tambahkan kecap, gula, garam dan gula merah. Aduk rata hingga meletup-letup.

5. Koreksi rasa, lalu sisihkan.

6. Potong-potong batagor, kemudian siram dengan bumbu kacang, beserta bahan pelengkap. Batagor pun siap disajikan. Selamat mencoba!

RECOMMENDED

Comments