Isuzu Mu-X i-Series Layak Dibeli Atau Tidak?

Otomotif

News / Otomotif

Isuzu Mu-X i-Series Layak Dibeli Atau Tidak?

Isuzu Mu-X i-Series Layak Dibeli Atau Tidak?

KEPONEWS.COM - Isuzu Mu-X i-Series Layak Dibeli Atau Tidak? Laporan wartawan Tribunnews Deodatus Pradipto JAKARTA - Belum lama ini mendapat pertanyaan menarik soal Isuzu MU-X i-Series, varian terbaru dari MU-X yang diperkenalkan ke publik semenjak Juli 2019. P...

Laporan wartawan Tribunnews Deodatus Pradipto

JAKARTA - Belum lama ini mendapat pertanyaan menarik soal Isuzu MU-X i-Series, varian terbaru dari MU-X yang diperkenalkan ke publik semenjak Juli 2019. Pertanyaannya merupakan, "Apakah SUV tersebut layak dibeli atau tidak?"

Well, pada 13-14 November 2019 lalu mendapat kesempatan untuk menjajal Isuzu MU-X i-Series secara langsung. dan sejumlah media massa bertualang dengan SUV bermesin diesel ini pergi-pulang Jakarta-Sukabumi.

Selama bertualang, hal yang selalu terjadi ialah bagaimana kami membandingkan Isuzu MU-X i-Series dengan kompetitornya. Sebut saja Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra dan Hyundai Santa Fe.

Di antara semua SUV tersebut, Isuzu MU-X i-Series merupakan yang termurah. Mengacu pada daftar harga on-the-road Jabodetabek yang dirilis Isuzu, MU-X i-Series dibanderol Rp449 juta.

Isuzu MU-X i-Series 1 Isuzu MU-X 4x2 i-Series ditopang mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1-TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail bertekanan tinggi. Mesin itu mempunyai tenaga sebesar 136 ps dan torsi flat 32,6 Kgm/1.800-2.800 rpm. Mesin MU-X ini juga didukung system Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System).

Mari kita bandingkan dengan kompetitornya. Varian terendah Toyota Fortuner dibanderol Rp476,05 juta. Pajero Sport dibanderol Rp481,5 juta. Nissan Terra termurah dibanderol Rp464 juta, sedangkan Hyundai Santa Fe dibanderol Rp526 juta.

Sebagai catatan tambahan, di antara lima SUV tersebut, hanya Isuzu MU-X i-Series dan Hyundai Santa Fe yang bertransmisi otomatis.

Lalu apa saja yang membuat Isuzu MU-X i-Series ini layak dibeli? Selain dari harganya yang paling murah, MU-X i-Series mempunyai kelebihan dibandingkan kompetitornya, terutama Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Kelebihan pertama ialah di sistem pengereman. Di antara tiga mobil tersebut, hanya Isuzu MU-X i-Series yang memakai rem cakram di empat rodanya. Pajero Sport dan Toyota Fortuner masih menggabungkan rem cakram di depan dan rem tromol di belakang.

Isuzu MU-X i-Series 2 Isuzu MU-X i-Series memakai suspensi 5-link coil spring dengan gas shock absorbers dan stabiliser bar di belakang.

Kelebihan kedua ialah suspensi. Isuzu mempertahankan DNA kenyamanan di sistem peredam saat melahirkan MU-X, termasuk i-Series. Isuzu MU-X i-Series memakai suspensi 5-link coil spring dengan gas shock absorbers dan stabiliser bar di belakang. Hanya Toyota Fortuner yang mendekati kehebatan Isuzu MU-X karena memakai 4-Link dengan lateral rod, sedangkan Pajero Sport memakai 3-Link coil spring dengan stabilizer bar.

Comments