Investor Butuh Langkah Tepat Pemerintah Jaga Kebijakan Fiskal

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Investor Butuh Langkah Tepat Pemerintah Jaga Kebijakan Fiskal

Investor Butuh Langkah Tepat Pemerintah Jaga Kebijakan Fiskal

KEPONEWS.COM - Investor Butuh Langkah Tepat Pemerintah Jaga Kebijakan Fiskal JAKARTA - Pemerintah diminta mengambil langkah tepat dalam menjaga ketahanan fiskal guna menarik investor dalam jangka panjang.Ekonomi Bahana Sekuritas Fakhrul Fulvian mengatakan, ketahanan fiskal Ind...

JAKARTA - Pemerintah diminta mengambil langkah tepat dalam menjaga ketahanan fiskal guna menarik investor dalam jangka panjang.

Ekonomi Bahana Sekuritas Fakhrul Fulvian mengatakan, ketahanan fiskal Indonesia sebenarnya tidak terlalu mengkhawatirkan. Salah satu indikatornya bisa terlihat dari mulai membaiknya tren pendapatan negara dan pertumbuhan ekonomi 5,02% di 2016 meski pemerintah melakukan pengetatan anggaran.

BERITA REKOMENDASI

Penetapan anggaran yang lebih hati-hati juga telah membuat defisit transaksi berjalan pada tahun lalu lebih baik yakni di kisaran 1,8% dari produk domestik bruto (PDB) atau USD16,3 miliar. Sebagai perbandingan di 2015 lalu, defisit transaksi berjalan masih tercatat sebesar 2% dari PDB atau USD17,5 miliar.

Tahun ini kami prediksi menjadi 2,1% dari PDB seiring dengan ekspansi perekonomian, ujar dia dalam keterangannya tertulisnya, kemarin.

Dia menambahkan, naiknya defisit bukan hal menakutkan bagi investor sepanjang kenaikan tersebut diikuti dengan pertumbuhan ekonomi dan membaiknya efisiensi baik di sektor publik dan swasta.

Menurutnya, hal yang menjadi perhatian investor dalam jangka panjang ialah langkah-langkah yang ditempuh pemerintah dalam menjaga ketahanan fiskal. Misalnya penyesuaian harga minyak di dalam negeri khususnya untuk bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, dan menaikkan komposisi belanja modal.

Investor Butuh Langkah Tepat Pemerintah Jaga Kebijakan Fiskal

Comments