Investasi di Tengah Pandemi Bagaikan Menanam, Harus Sabar

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Investasi di Tengah Pandemi Bagaikan Menanam, Harus Sabar

Investasi di Tengah Pandemi Bagaikan Menanam, Harus Sabar

KEPONEWS.COM - Investasi di Tengah Pandemi Bagaikan Menanam, Harus Sabar JAKARTA - Dalam menghadapi resesi saat ini, harus berani mengambil risiko untuk memanfaatkan peluang sekecil apapun. Seperti diketahui, bayang-bayang resesi sendiri muncul menyusul ekonomi Indonesia y...

JAKARTA - Dalam menghadapi resesi saat ini, harus berani mengambil risiko untuk memanfaatkan peluang sekecil apapun. Seperti diketahui, bayang-bayang resesi sendiri muncul menyusul ekonomi Indonesia yang -5,3% pada kuartal II-2020. Kalau pada kuartal III-2020 mendatang masih minus, maka secara resmi ekonomi Indonesia mengalami resesi.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, dalam situasi pandemi, investasi menjadi salah satu solusi untuk masa depan. Karena pertumbuhannya akan terus naik setiap tahunnya.

Pasalnya, saat ini memang pasar investasi khususnya yang berkaitan dengan pasar saham mengalami kontraksi karena pandemi virus corona. Seperti, harga beli dari jenis investasi pada saat ini berada di titik rendah. Sedangkan setelah pandemi virus corona berakhir, indeksnya secara otomatis akan meningkat.

Rupiah Ditutup Melemah di Rp13.885/USD

Mike mengibaratkan investasi pada situasi sulit seperti ini ibarat membeli sebuah biji yang kemudian di tanam. Memang harga belinya sangat murah, namun kalau terus ditanam dan disiram oleh air akan terus tumbuh menjadi pohon yang lebih besar.

"Artinya menanam dari biji lagi, tadinya kalau kita beli pohon mangga kan mahal ya beli pohon kan sudah jadi ada buahnya memang kita menanam. Kalau kita menanam dari biji beli satu biji kan murah. Tinggal ditanam. Tapi harus sabar nunggunya. Disiram saja terus nggak dicongkel congkel nggak diambil-ambil. Nah kalau nggak ada krisis kan harganya mahal," kata Mike.

Baca Selengkapnya: Investasi di Tengah Ancaman Resesi Bagai Menanam Sebuah Biji

(kmj)

Comments