Intip Mandi Rupang, Ritual Penyucian Diri Jelang Imlek

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Intip Mandi Rupang, Ritual Penyucian Diri Jelang Imlek

Intip Mandi Rupang, Ritual Penyucian Diri Jelang Imlek

KEPONEWS.COM - Intip Mandi Rupang, Ritual Penyucian Diri Jelang Imlek Nuansa merah mewarnai sepanjang Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat. Tulisan 'Gong Xi Fa Cai' dengan pernak pernik lampion digantung membuat suasana Tahun Baru Imlek 2571 semakin terasa. Salah...

Nuansa merah mewarnai sepanjang Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat. Tulisan 'Gong Xi Fa Cai' dengan pernak pernik lampion digantung membuat suasana Tahun Baru Imlek 2571 semakin terasa.

Salah satunya Vihara Dhanagun. Di sana, para tokoh masyarakat dan pemuka agama Kong Hu Cu mengelar ritual mandi rupang.

Ritual ini memandikan patung dewa-dewi di ruang utama. Menurut kepercayaan mereka, roh para dewa-dewi sedang meninggalkan patung. Pada Minggu pagi, 19 Januari 2020, sebelum dimandikan mereka melakukan sembahyang terlebih dahulu.

Vihara Dhanagun Bogor menyambut Imlek.

Setelah itu, satu-persatu, patung diturunkan. Di sebelah kanan dewa lelaki, sebelah kiri dewa wanita, dan di atas untuk dewa utama.

Patung dewa-dewi yang dimandikan ini antara lain Hok Tek Tjeng Sin, Kwan Im Po Sat, dan Kwan Seng Tek Kun. Mereka dibasuh dengan air yang telah dicampur bunga melati, mawar dan gading.

Lucky New Year Mal Ciputra.

Jelang Imlek, Ada Wisata Masakan dan Event Menarik di Sini

Lampion sambut Imlek di Pontianak

Jelang Imlek, Gang di Pontianak Dihias 1000 Lampion

Gadis berhijab tampil di perayaan Imlek.

Tampil Pada Perayaan Tahun Baru Imlek, Gadis Berhijab Ini Tuai Kebanggaan

Alice Jong Liz, pria muslim yang ikut rayakan Tahun Baru China

Pria Muslim Rayakan Tahun Baru China Bersama Keluarga Dipuji Warganet

Perayaan Imlek Nasional

Perayaan Imlek Nasional Bisa Merajut Kebhinekaan di Tahun Politik

Berkantor pusat di Hangzhou China, Alibaba menjadi salah satu investor global yang mendanai unicorn Indonesia.

Tahun Baru China Picu Tren Angpau Digital

"Ini tradisi. Dibilangnya Jinsing Siangang. Tradisi bersih-bersih vihara, altar sama rupang. Ini dimulai tanggal 24 Desember 2019 dalam penaggalan Imlek. Ini semua untuk menyambut Tahun Baru Imlek," kata Pranke Sibbald, wakil ketua Yayasan Vihara Dhanagun kepada VIVA, Minggu 19 Januari 2020.

Vihara Dhanagun Bogor menyambut Imlek.

Ia juga mengatakan pembersihan ini sebagai bagian dari kepercayaan bahwa para dewa dan dewi sedang naik ke langit. Menurut Pranke, mandi rupang ialah bentuk refleksi diri untuk membersihkan batin dalam menyambut tahun baru.

"Ada 40-50 rupang yang dimandikan. Setelah dimandikan dewa dan dewi ini dikembalikan lagi ke altar. Dalam proses rupang naik pun umat sembahyang lagi. Ini menjadi rencana rajin setiap tahun," kata Pranke.

Rupang merupakan bagian dari satu rangkaian Cap Go Meh (CGM) 2020 di Bogor. Rangkaiannya dimulai pada doa tutup tahun oleh anggota Sangha kepada YM. Kongco Hok tek Ceng Sin, pada Jumat, 10 Januari lalu.

Comments